HUT Ke-27 Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Waspadai Kapitalisasi Agama yang Menghancurkan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 April 2022 - 07:00 WIB

HUT Ke-27 Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan
HUT Ke-27 Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Implementasi ajaran agama yang sesungguhnya berimplikasi pada perbuatan yang menyentuh ranah ihsan; berbuat sesuatu yang bermanfaat. Menghadirkan nilai kemanusiaan dalam amaliah keagamaanya.

“Inilah pesan kandungan al-Quran yang sesungguhnya. Spirit membantu sesama. Saling memuliakan. Memanusiakan manusia,” ujar Eddie Karsito, di acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-27 Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, di Perumahan Kranggan Permai, Jatisampurna, Kota Bekasi, Senin (18/04/2022).

Namun dewasa ini, kata Eddie,  ruang publik kita disuguhi berbagai fragmen atas nama agama yang memprihatinkan. Agama yang semestinya berperan penting mengatur sendi kehidupan direndahkan menjadi ajang ‘jual-beli’ agama.

“Kita sedih bagaimana agama dibenturkan dengan politik. Sedih ketika agama jadi alat legitimasi politik. Agama hanya menjadi instrumen untuk meraih kekuasaan,” ujar Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan ini.

Tidak hanya di ranah politik praktis. Pendangkalan nilai-nilai agama tersebut, menurut Eddie, juga terjadi di sektor ekonomi, bidang pendidikan dan dakwah.

Belakangan, kata Eddie, menjamur institusi atas nama agama muncul mencari sumbangan berdalih membantu korban bencana, memberi makan anak yatim dan fakir miskin. Bahkan secara masif mereka kerap beriklan di media sosial.

“Praktik seperti ini siapa yang mengaudit. Tak jarang agama sekedar packaging and labeling. Sekedar papan nama. Tak menyentuh ke akar masalah,” ujarnya.

Di bidang pendidikan dan dakwah, kata wartawan senior ini, muncul ustadz-ustadz sosialita yang sering tampil di TV bagai selebriti. Mereka layaknya aktor yang tampil di aneka gebyar keriaan Ramadan.

“Honor ceramah mereka pakai tarif. Kesana kemari pakai mobil bermerek penuh pamor. Busana mahal, kadang sebagai brand ambassador. Hal ini menimbulkan ketimpangan sosial dengan para ustadz di kampung-kampung yang justru berdakwah tanpa pamrih,” kritik Eddie.

Belum lagi, kata Eddie, ada sebagian yang pamer kemewahan. Berbuka puasa di tempat berkelas dengan makanan berlimpah. “Sekali makan bisa memenuhi kebutuhan makan anak yatim sebulan,” ujarnya.

Ada lagi yang tega menunjukkan hedonisme ibadah. Berulang kali pergi haji dan umroh, hingga orang yang belum pernah ke tanah suci harus waiting list (daftar tunggu).

 

“Kita menyumbang ratusan triliun Arab Saudi yang sudah kaya raya dari bisnis haji dan umroh. Padahal masyarakat sedang menjerit akibat harga kebutuhan pokok melangit,” keluh Eddie prihatin.

Introspeksi dan Bulan Sedekah

Eddie mengajak agar bulan suci Ramadan dapat menjadi momen introspeksi. Meningkatkan derajat ketakwaan hanya kepada Allah SWT. Benar-benar menjadi syahru ash shadaqah (bulan sedekah) yang merupakan satu dari sekian julukan bulan suci.

“Mari kurangi konsumsi pribadi dan keluarga. Tingkatkan intensitas dan kuantitas sedekah,” ajak budayawan yang juga fasilitator program Mobile Arts for Peace (MAP) Tahun 2021 – 2024, University of Lincoln, UK – Inggris ini.

Di setiap acara, terang Eddie, pihaknya tak mengadakan upacara atau seremonial. Agenda utama syukuran HUT Ke-27 Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, adalah santunan.

“Kita berkumpul dan berhikmat saja dengan doa. Jangan buang-buang duit hanya untuk seremonial. Fokus membantu fakir miskin, anak yatim, pemulung, janda-janda lanjut usia, dan tukang angkut sampah,” paparnya.

Para pemulung, kata Eddie, hidup prihatin sepanjang tahun. “Kita puasa Ramadan setahun sekali masih bisa makan enak bergizi. Pemulung puasa sepanjang tahun, kadang makan kadang tidak,” ungkapnya.

Ulang tahun Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan selalu diperingati umat muslim sedunia. Mengingat bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur'an (17 Ramadhan 1415 H/17 Februari 1995 - 17 Ramadan 1443 H/ 18 April 2022).

Tanggal dan bulan didirikannya yayasan ini secara konsepsional dipilih sebagai transformasi makna; membumikan al-Quran. Wujud iman yang dinyatakan dalam bentuk perbuatan; memanusiakan manusia. Kemanusiaan yang didasari intimitas; hubungan sosial bersifat mendalam dan menyeluruh; rasa saling asih; asah; asuh.

 “Al-Quran kitab universal. Pijakan setiap amal, dan barometer dalam segala hal. Ini yang menjadi dasar mengapa Yayasan Humaniora kami dirikan pada momen Nuzulul Quran,” ujar penggiat sosial, yang juga aktor film dan bintang sinetron ini.

Eddie Karsito menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dan menjadi bagian dari gerakan sosial ini.

“Terima kasih. Semoga bantuannya dilipat gandakan oleh Allah swt sebagai amalan mulia di bulan suci Ramadan,” ujarnya.

 

Turut mendukung acara ini memberi donasi, antara lain; Eny Sulistyowati (Triardhika Production), Wiyono Undung Wasito (budayawan), Suryandoro (Swargaloka Foundation), Huang Tjhin Han, (Ketua Indonesia Satu Keluarga), bunda Titik Puji Wiyanti, dan para penyantun lainnya.

Hadir di acara tersebut Ketua Komunitas Amal Sedekah Ikhlas Hati (KASIH), Ageng Kiwi, para volunteer; relawan, dan penggiat sosial lainnya.

Hadir juga Pengurus Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Yati Surachman, Lee Sandie Tjin Kwang, Massuryandi, S.Sos, Ridwan Burnani, Sabrina Salawati Daud, S.Pd, H. Ismail Lutan, dan Imam Dzaky Syukria Darmawan (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…