Ada Pameran Kaligrafi Sampai Ngabuburit Sambil Khataman Al-Quran di Jakarta Islamic Center

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 April 2022 - 14:15 WIB

Masjid Raya Jakarta Islamic Center (Ist)
Masjid Raya Jakarta Islamic Center (Ist)

INDUSTRY.co.id - Mulai Senin, 18 April 2022 Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) atau Jakarta Islamic Center (JIC) menggelar ngabuburit sambil khataman Al-Quran bersama warga di sekitar.

Melibatkan 500 santri dari Pondok Pesantren Sulaimaniyah Al-Quran mengajak warga sekitar masjid untuk tadarus bersama setiap hari setelah salat Asar hingga Magrib.

"Di masjid ada yang khatam, di halaman ada, InsyaAllah sampai ke trotoar pun juga akan ada yang membaca Al-Quran," ujar Kepala JIC Muhammad Subki dalam keterangannya seperti dikutip dari Antara.

Menurut Subki, kegiatan itu bukanlah untuk riya atau pamer, tapi merupakan bagian dari syiar Islam. "Setahap demi setahap, kami ingin JIC menjadi pusat peradaban dan pusat kegiatan syiar keagamaan.”

Puncak acara ini adalah malam Nuzulul Quran, akan diadakan tabliq akbar dengan penceramah KH. Munawir Aselih.

Sementara, Kepala Sekretariat Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Ahmad Juhandi mengatakan acara bertajuk "The Power of Quran" di JIC merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut 17 Ramadhan atau malam Nuzulul Quran. 

"Dalam acara itu, warga akan diajak ikut serta berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan bersama dengan mengkhatamkan Al-Quran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama Ramadan," jelasnya.

Acara itu menyajikan pameran kaligrafi kontemporer internasional sekitar sepekan hingga momentum 17 Ramadan 1443 Hijriah. "Kami terinspirasi oleh Malioboro, Yogyakarta,” tambahnya.

Ngabuburit ini berkoordinasi dengan Lurah, Camat, dan Wali Kota agar masyarakat diizinkan ngabuburit dengan membaca Alquran bakda Ashar sampai magrib. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…

 Cooking Demo Bersama Celebrity Chef Nicky Tirta

Senin, 27 Juni 2022 - 10:57 WIB

Rumah Indofood Jakarta Fair 2022 Hadirkan Cooking Demo Bersama Celebrity Chef Nicky Tirta

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) kembali hadir dalam pameran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang diadakan mulai 9 Juni hingga 17 Juli 2022. Kali ini, dengan tetap menjalankan protokol…