Anggota DPR RI Rizki Natakusumah: Optimalkan Penggunaan Medsos untuk Pembentukan Identitas Diri

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 April 2022 - 17:20 WIB

Anggota DPR RI Rizki Natakusumah
Anggota DPR RI Rizki Natakusumah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perkembangan penggunaan media internet sebagai sarana komunikasi menjadi semakin pesat setelah internet mulai dapat diakses melalui telepon seluler dan bahkan kemudian muncul istilah telepon cerdas (smartphone). Dengan hadirnya Smartphone, fasilitas yang disediakan dalam berinteraksi pun semakin beraneka macam, mulai dari sms, mms, chatting, email, browsing serta fasilitas sosial media.

Media sosial dapat menjadi acuan tempat untuk mengkonstruksi pembentukan identitas imajinatif dari para pengguna yang berbeda dengan dunia nyata. Konstruksi identitas dalam media sosial dapat dilakukan melalui memproduksi konten dengan beragam foto yang di upload berupa foto diri, teman, keluarga, tokoh tulisan yang dibuat/dirujuk/dikomentari, quote yang diambil, link yang diakses, tempat yang dikunjungi, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan atau diikuti. Banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia tentu saja memunculkan kesempatan untuk mengoptimalkan kehadiran media sosial sebagai media pembentukan identitas diri di era digital tersebut.

Demikian kesimpulan dalam diskusi webinar Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan oleh APTIKA Kominfo dan DPR RI, dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pembentukan Identitas Diri di Era Digital”, yang diadakan di Jakarta, pada Kamis (14/4). Webinar ini juga diikuti oleh peserta yang bergerak dalam bidang pendidikan secara daring, melalui Zoom Virtual.

Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangarepan mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu karena adanya covid-19, telah mendorong kita semua untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktifitas di dunia digital. Namun masifnya penggunaan internet di Indonesia, harus kita akui membawa serta berbagai resiko, seperti hoax, cyber bullying, dan konten negatif lainnya. “Oleh karena itu peningkatan penggunaan teknologi ini, perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna”. Ujarnya (14/4).

Pemanfaatan teknlogi bukan hanya untuk pembentukan identitas diri, tetapi juga untuk pengembangan penddidikan. Komisi 1 DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah, mengatakan terdapat beberapa yang hal perlu kita utamakan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembentukan identitas diri dan pengembangan pendidikan. “Pertama, digital skill harus bisa diutamakan untuk mengembangkan kemampuan anak-anak sedari dini,  meskipun teknologi digital mempunyai dampak negatif, namun dengan adanya digital ini, pemikiran anak-anak akan semakin terbuka, dan demokrasi semakin maju. Kedua, utamakan pengembangan digital culture, dimana budaya-budaya dan norma-norma kehidupan harus kita tanamkan dan arahkan khususnya kepada anak-anak. Ketiga, mengembangkan digital ethic karena maraknya permasalahan terkait dengan hoax, dan kasus yang melanggar etika. Keempat, pengembangan digital safety, dimana data pribadi kita semua perlu adanya perlindungan demi terjaminnya keamanan”. Katanya (14/4).

Kaitannya dalam pembentukan identitas diri dalam segi pendidikan, Sekretaris DINDIKPORA Kabupaten Pandeglang, Dr. Sutoto, S.Pd, M.Si., menjelaskan pengembangan pendidikan karakter menjadi harapan dalam literasi digital. Dimana, nilai-nilai pendidikan karakter seperti nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan nilai integritas mampu dikembangkan dan ditanamkan melalui literasi digital. “Oleh karena itu harus adanya sinergi yang harus dilakukan oleh para guru, pelajar, mahasiswa, pemerintah, kepala sekolah dan stake holders lainnya, untuk memahami dan memanfaatkan platform merdeka belajar, platform kampus merderka, platform merderka mengajar, dan platform kurikulum merdeka untuk menjadikan media sosial sebagai pembentukan karakter atau identitas diri terhadap masyarakat”. Ujarnya.

Dalam agenda webinar yang sama Rizki Natakusumah memberikan closing statement nya yaitu: “Jika kita bisa memanfaatkan dan mengoptimalisasi teknologi informasi atau media sosial ini, untuk pendidikan pengembangan karakter diri, maka akan semakin cemerlang generasi muda yang akan datang”. Ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…