Menparekraf Sandiaga Dorong Bukit Cinangkiak Solok Kembangkan Konsep Wisata Berkelanjutan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 14 April 2022 - 13:30 WIB

Destinasi Wisata Bukit Cinangkiak, Solok, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)
Destinasi Wisata Bukit Cinangkiak, Solok, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Dalam kunjungannya ke destinasi wisata Bukit Cinangkiak, Solok, Sumatra Barat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong destinasi tersebut untuk mengembangkan konsep wisata berkelanjutan atau sustainable tourism.

Pengembangan konsep berwisata berkelanjutan di Bukit Cinangkiak dinilai dapat memberikan dampak jangka panjang. Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa Bukit Cinangkiek sudah memiliki potensi alam yang indah. Meski demikian, masih harus dikembangkan menjadi pariwisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan go digital. 

“Cinangkiak ini merupakan green park destinasi wisata buatan yang nantinya akan melengkapi beberapa produk wisata dan ekonomi kreatif di sini. Jadi di sini udah ada modalnya nih, alamnya indah. Oleh karena itu, saya ingin Pak Bupati dan rekan-rekan semua untuk menjadi bagian dari tatanan pariwisata baru, dengan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan juga go digital,” ujar Menparekraf melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga mengimbau untuk membangun homestay dan villa di sekitar Bukit Cinangkiak berkonsep ecco friendly untuk menarik wisatawan. 

Ia berharap dengan mengedepankan konsep berkelanjutan, Bukit Cinangkiak bisa menjadi pariwisata yang membuka peluang wisata beserta ekonomi kreatifnya menuju pascapandemi. 

“Saya cenderung melihat untuk dibangunnya homestay maupun vila-vila yang konsepnya itu ecco friendly. Kalau hotel yang besar itu, apalagi di dataran seperti ini menurut saya sayang, karena merusak pemandangan. Tapi, kalau misalnya tadi menyatu dengan alam ini lebih diminati dan ini sudah punya 82 homestay, saya sangat mendukung dan mudah-mudahan wisman bisa terus berkunjung ke Kabupaten Solok ini. Tahun lalu ada 820 ribu, mari kita tingkatkan hingga di atas 1 juta kunjungan,” kata Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga juga mendorong kepala daerah Solok  untuk menghadirkan event-event yang unggul dan berkualitas. Ini bertujuan meningkatkan daya tarik wisata di daerah, khususnya di Solok. 

“Selanjutnya saya ingin upaya kita bersama untuk menghadirkan event-event yang nantinya bisa menjadi daya tarik wisata, menjadi penggerak ekonomi daerah, dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga, saya harap kepala daerah dapat menghadirkan event-event yang berkualitas,” ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Solok, Epyardi Asda, menyampaikan terima kasih kepada Menprekraf yang telah memberikan semangat optimistis dalam membantu mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Solok. 

“Insya Alloh berkat dukungan Bapak, insyaAllah bisa bangkit. Di Cinangkiak ini rata-rata merugi terus, karena begitu launching langsung pandemi. Namun, mudah-mudahan pscapandemi ini bisa berkembang dengan baik. Setelah lebaran ini lebih banyak pengunjung,” ujar Epyardi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…