Masuk 10 Destinasi Branding, Bandung Andalkan Wisata Kuliner dan Fesyen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 15 Juni 2017 - 17:05 WIB

Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)
Kuliner di Reunionhouse, Bandung (kulinerbandung/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kota Bandung yang terkenal akan kesejukan cuaca ini masuk menjadi salah satu 10 Destinasi Branding Kementerian Pariwisata. Bandung, merupakan salah satu kota dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke sana pada waktu Sabtu atau Minggu, terutama wisatawan asal Jakarta yang jaraknya tidak begitu jauh, hanya sekitar dua hingga tiga jam untuk sampai di Bandung.

Dalam sambutannya, Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung mengatakan, "Kami ingin kembangkan destinasi di kota Bandung dengan keterbatasan yang ada," ujar Oded dalam launching The 10 Destination Brandings yang berlangsung di Balairung Seosilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Ia mengungkapkan, Bandung tidak punya laut, tidak punya juga wisata alam jadi Bandung memang benar-benar kota. Tetapi, menariknya kita mengandalkan fesyen dan kulinernya, ada budaya tapi sedikit.

Adapun upaya dari pemerintah daerah Kota Bandung untuk terus mengembangkan wisatanya, terbukti sudah mempunyao 10 museum, 80 tempat hiburan, 160 bangunan cagar budaya yang sudah terdaftar dan ada 120 kafe atau macam kuliner serta 20 taman kota tematik.

Selain itu,  rencana ke depan untuk terus membangun wisata di Bandung, yakni dengan membangun kearifan dengan membangun Museum Budaya Bandung, Rumah Budaya yang saat ini sedang dibangun, dan dengan keterbatasan ini, Bandung bisa menjadi sebagai kota wisata.

"Saya berharap, dengan Bandung masuk bagian 10 Destinasi Branding, mudah-mudahan potensi wisata yang Kami punya bisa terus dikembangkan," pungkas Oded Muhammad Danial.

Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut antara lain adalah Bandung (Jawa Barat),  Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…