Art Jakarta 2022 Tawarkan Konsep Baru: Lebih Segar, Inovatif, dan Terbuka di Hutan Kota by Plataran nJakarta

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 April 2022 - 11:54 WIB

Art Jakarta Gardens 2022 (Ist)
Art Jakarta Gardens 2022 (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta--- Art Jakarta pada tahun 2022 hadir melalui Art Jakarta Gardens, dengan konsep baru yang segar, inovatif, dan terbuka. Acara ini diadakan di Hutan Kota by Plataran selama 8 hari, yaitu tanggal 7—14 April 2022.

Art Jakarta Gardens yang merupakan pameran serta kegiatan seni ini rencananya akan dibuka resmi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo, pada tanggal 7 April 2022. Dua hari pertama akan ditujukan bagi tamu undangan, kemudian mulai Sabtu, 9 April 2022 hingga seterusnya, barulah acara dibuka untuk umum. Art Jakarta Gardens tahun ini mendapatkan dukungan dari para mitra, antara lain Credit Suisse sebagai mitra utama, Hutan Kota by Plataran sebagai mitra lokasi penyelenggaraan pameran, dan juga Tumurun Museum sebagai mitra lembaga kebudayaan.

Dalam kesempatan ini, Maulana Indraguna Sutowo, selaku CEO MRA Group menjelaskan, “Art Jakarta Gardens adalah realisasi dari komitmen untuk membangkitkan kembali semangat kerja sama, yang selama ini menjadi penggerak utama ekosistem seni rupa di Indonesia. Semoga acara ini dapat jadi penanda kembali terbukanya ruang sosial yang sempat tertutup dan terjalinnya kembali komunikasi di ruang publik yang selama ini tersendat—melalui apresiasi seni dan kegembiraan menikmati karya seni.”

Selanjutnya, Credit Suisse mengaku bangga dapat mendukung Art Jakarta Gardens sebagai Sponsor Utama dalam platform ini. Menurut Credit Suisse, "Art Jakarta Gardens memungkinkan seniman berbakat untuk menunjukkan bakat mereka dalam acara yang sangat terkenal. Melalui inisiatif dukungan kami terhadap seni, kami bertujuan untuk memainkan peran dalam mendorong pertumbuhan skena budaya yang kaya di Indonesia, tempat di mana bank ini telah hadir sejak tahun 1997.”

Iwan K. Lukminto selaku pendiri Tumurun Museum pun mengatakan, “Tumurun Museum dengan bangga mendukung Art Jakarta Gardens sebagai mitra budaya. Kami sangat bersemangat untuk Art Jakarta yang terus berinovasi dan berkreasi dalam menghadirkan acara seni rupa. Dengan visi dan misi yang sama, yaitu mempromosikan seni rupa kontemporer Indonesia di mata dunia, Art Jakarta menjadi salah satu acara seni rupa terpenting di Indonesia.”

Konsep segar dan inovatif yang dihadirkan memadukan presentasi karya seni di dalam dan luar ruang. Dengan demikian, beragam karya seni berwujud patung dapat hadir secara pantas dan memadai di taman yang terbuka. Enin Supriyanto, selaku Direktur Artistik Art Jakarta, menyatakan, “Pameran di ruang terbuka dapat lebih mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya. Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra saja.”

Inovasi yang dihadirkan oleh pihak Art Jakarta ini sendiri mendapat respon positif dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo. Ia pun menambahkan, “Tahun ini dengan situasi yang lebih baik, saya senang sekali bahwa Art Jakarta Gardens 2022 bisa dilaksanakan secara fisik dengan menerapkan protocol kesehatan dan bahkan menggunakan konsep semi-outdoor yang pastinya lebih baik dari segi sirkulasi

udara. Apalagi tempatnya di Plataran Hutan Kota yang sangat luas. Jadi target 8000 pengunjung dari tgl 7-14 April, saya yakin bisa sukses dan berjalan dengan baik. Kita juga berharap bersama, kehadiran art fair ini bisa meningkatkan apresiasi publik dan transaksi terhadap karya seni rupa, dan juga bisa menarik wisatawan khususnya pencinta seni kontemporer untuk datang ke Jakarta”, ungkapnya.

Kolaborasi antara Art Jakarta dengan Plataran Indonesia kali ini pun didukung penuh oleh Yozua Makes selaku founder dan sekaligus CEO Plataran Indonesia, ia menjelaskan, "Berbicara mengenai Plataran maka selalu identik salah satunya dengan semangat melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk kemajuan Indonesia dibidang Alam-Kebudayaan-Masyarakat sebagai genetika dari Plataran sebagai True Indonesia Icon of Ecotourism. Art Jakarta adalah arena bergengsi pameran berbagai maha karya seni dari berbagai seniman yang memiliki karakter yang kuat dan legendaris yang selalu ditunggu oleh masyarakat pencinta seni, khususnya masyarakat Jakarta. Setelah 2 tahun absen sebagai akibat pandemi, maka Art Jakarta kembali muncul dengan konsep baru mengadopsi new normal yaitu melalui pameran di Hutan Kota by Plataran dengan nuansa outdoor dan indoor terbaik di Jakarta dengan tema Art Jakarta Gardens. Maju terus dunia dan pekerja seni dan kebudayaan Indonesia."

Konsep ruang terbuka Art Jakarta Gardens mengubah tampilan taman di sekitar area Hutan Kota by Plataran dengan hadirnya patung dan instalasi luar ruang yang menarik, karya para perupa Indonesia terkemuka, antara lain I Nyoman Nuarta yang dipresentasikan oleh Linda Gallery, Dolorosa Sinaga yang dipresentasikan oleh Facade x Kiniko Art, Nus Salomo yang dipresentasikan oleh SAL Project dan Sunaryo yang dipresentasikan oleh Bale Project. Ada pula karya seniman mancanegara, seperti Ashley Bickerton dan Dusadee Huntrakul, yang juga akan tampil di Art Jakarta Gardens kali ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…