Ini 7 Tips Berlibur yang Nyaman Saat Berpuasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 April 2022 - 15:00 WIB

Lima Tempat Keren di Dieng Wajib Dikunjungi
Lima Tempat Keren di Dieng Wajib Dikunjungi

INDUSTRY.co.id - Puasa tidak menjadi halangan jika kamu ingin berlibur. Meski menguras banyak tenaga, jika dilakukan dengan senang hati saat puasa akan membuat rasa haus dan lapar menjadi tidak terasa dan hilang.

Apalagi jika liburannya sembari menunggu waktu berbuka puasa. Wah, bisa menjadi momen yang menyenangkan di bulan Ramadan ini. 

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur tapi saat berpuasa, bisa banget kok! Berikut ini tips dari Pegipegi persiapan liburan saat puasa.

Memilih Destinasi yang Tepat

Kamu dapat memilih destinasi dengan cuaca yang sejuk agar tidak mudah lelah dan haus. Kamu juga dapat memilih destinasi dengan pemandangan hijau yang menyejukkan ataupun air terjun yang menyegarkan. Destinasi yang dapat dikunjungi seperti Puncak, Bogor, Dataran Tinggi Dieng, kawasan Jawa Tengah, Bandungan & Ungaran Semarang, kawasan Jawa Timur, Batu, Kintamani, Bali, dan lainnya.

Pilihlah Hari dengan Cuaca yang Baik

Sebelum melakukan perjalanan, kamu dapat mengecek suhu cuaca pada hari keberangkatan melalui website https://www.bmkg.go.id/. Kamu juga dapat memilih hari dengan cuaca yang cerah berawan agar tidak terlalu panas ketika melakukan perjalanan. 

Membuat daftar perjalanan

Kamu wajib membuat daftar perjalanan yang berisi waktu dan destinasi yang akan dikunjungi. Selain itu, juga harus tahu akan datang ke destinasi wisata tersebut pukul berapa dan pulang pada pukul berapa. Hal ini bertujuan agar sebelum waktu berbuka puasa, Kamu sudah sampai di restoran yang ingin dikunjungi untuk berbuka.

Menyiapkan Budget

Ini merupakan hal yang paling penting untuk kamu lakukan sebelum memulai perjalanan. Berikut ada beberapa tips dari Pegipegi agar kamu dapat lebih hemat ketika melakukan perjalanan:

- Harus memperhatikan waktu booking dan hari keberangkatan.

- Kamu harus pastikan dengan siapa dan berapa jumlah anggota yang melakukan perjalanan.

- Tentukan hari keberangkatan. Jika sudah tahu kapan akan melakukan perjalanan, sebaiknya segera melakukan pemesanan tiket pesawat ataupun hotel dari jauh hari. 

- Booking di Online Travel Agent karena sering menawarkan promo-promo yang menguntungkan.

Jangan Lupa  Sahur

Sebelum melakukan perjalanan, kamu wajib sahur untuk mengisi tenaga. Makan makanan yang bergizi saat sahur agar nutrisi kamu ketika melakukan perjalanan tetap terpenuhi. 

Bawa minuman atau makanan ringan untuk jaga-jaga

Ketika masih di perjalanan dan ternyata waktu berbuka sudah tiba, minuman dan makanan ringan ini bisa menjadi alternatif berbuka puasa sementara. Kamu bisa membawa bekal air putih secukupnya dan makanan ringan seperti roti atau biskuit yang mudah dibawa dan dimasukan ke dalam tas.

Membawa Perlengkapan Ibadah Pribadi

Agar ibadah dan perjalanan seimbang, sebaiknya kamu membawa perlengkapan ibadah sendiri. Hal ini akan mempermudah kamu untuk beribadah di mana pun tempat atau destinasi yang dikunjungi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…