Dianggap Mengganggu, Hotel di Venesia Sediakan Pistol Air untuk Usir Burung Camar

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 04 April 2022 - 15:15 WIB

Burung Camar (Foto: Pixabay)
Burung Camar (Foto: Pixabay)

INDUSTRY.co.id - Burung camar telah lama berbondong-bondong ke Venesia. Kehadiran hewan ini menjadi bagian dari karakter Piazza San Marco dan Grand Canal. 

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, burung-burung camar ini jadi lebih mengganggu bagi para wisatawan. Sebab, para burung-burung ini sering mencoba untuk merebut makanan dari meja atau bahkan langsung dari tangan mereka.

Maka dari itu, melansir dari laman Travel and Leisure, hotel-hotel di Venesia memberikan solusi kreatif untuk mengusir kawanan burung camar yaitu dengan pistol mainan air.

Menurut laporan dari The Guardian, salah satunya yaitu Gritti Palace dan Hotel Monaco &Grand Canal sekarang menyediakan pistol mainan kepada para tamu mereka untuk menangkal burung camar. Para tamu disediakan sebuah pistol mainan air berwarna oranye, warna tersebut dipercaya dapat mengusir burung-burung tersebut.

Direktur Gritti Palace Paolo Lorenzoni mengatakan kepada bahwa mereka telah mencoba burung elang untuk mengusirnya, dan juga mencoba burung hantu berputar palsu, tetapi burung camar tersebut akhirnya duduk di kepala mereka.

"Begitu mereka melihat pistol, mereka terbang menjauh. Kamu bahkan tidak perlu menggunakannya, kamu hanya perlu menyimpannya di atas meja," kata Lorenzoni.

Menurut outlet berita Italia, ANSA, spesies burung camar di Venesia disebut magoghe yang merupakan burung besar dengan paruh tajam, yang memiliki kecenderungan untuk merebut makanan, tidak peduli apa yang diperlukan. Sebelum mereka menjadi burung yang dominan, kota ini dipenuhi dengan merpati.

"Sejumlah besar burung camar, selain menjadi kehadiran yang agresif dan menjengkelkan bagi manusia, selain itu juga masalah untukkesehatan dan kebersihan, serta untuk bangunan dan lingkungan," kata ahli kebersihan dan lingkungan Francesco Boemo, kepada The Guardian. 

Pada kenyataannya, burung camar adalah spesies yang dilindungi dan tidak dapat dihilangkan, seperti yang dilakukan, misalnya, dengan tikus.

Sebelumnya terdapat sebuah larangan pada 2018 untuk menjual biji-bijian yang menarik burung camar membantu mengurangi populasi sekitar 50 persen.

Solusi lain yang diusulkan termasuk menyewa burung elang untuk berburu burung atau mencoba menangkalnya dengan suara atau bau yang tidak dapat dideteksi oleh manusia. Tetapi pada akhirnya, pistol air adalah cara yang paling cepat dan efektif untuk saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…