Kabupaten Semarang Jadi Destinasi Favorit Pilihan Wisatawan Mancanegara

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 31 Maret 2022 - 16:30 WIB

Pemandangan 7 Gunung di Sky View Coffee & Eatery atau Sky View di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan 7 Gunung di Sky View Coffee & Eatery atau Sky View di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Indonesia telah memberlakukan bebas karantina terhadap Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ke Bali, Batam, dan Bintan serta diperluas ke tujuh pintu masuk Indonesia. Tentu saja hal ini berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan. 

Selain itu, dampak lainnya diperkuat dengan layanan Visa on Arrival (VoA) kepada PPLN dari 42 negara.

Oleh karena itu, dengan kebijakan tersebut berdampak baik bagi sektor pariwisata di Indonesia termasuk di Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pemasaran (Kabid) Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan mengatakan dengan dibukanya Visa on Arrival dari 42 negara ini menjadi angin segar bagi sektor pariwisata di Jawa Tengah. 

"Masuknya 42 negara ke Indonesia tanpa karantina memberikan dampak baik bagi Jawa Tengah. Adapun wisatawan mancanegara yang berpotensial ke Jateng yaitu Malayasia, Singapura, China, India, dan Amerika Serikat yang sangat potensial sekali," ungkapnya di acara presstour bersama Forwaparekraf di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/3/2022).

Setyo mengungkapkan dari negara-negara tersebut mempunyai destinasi favorit yang biasanya dikunjungi sebelum pandemi Covid-19.

"Wisman meminati destinasi tujuan wisata ke Borobudur, Prambanan, dan Kabupaten Semarang termasuk nomor tiga yang diminati wisman. Salah satunya Banaran," tuturnya.

Selain destinasi wisata, para wisman menyukai berbagai aktivitas menarik seperti mengunjungi seni budaya dan kearifan lokal. 

"Sementara, berbeda dengan wisatawan nusantara, mereka menyukai tempat selfie dan kuliner," pungkas Setyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.