Ini 6 Tips Anti Ribet Solo Traveling untuk Perempuan yang Mau Healing

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 29 Maret 2022 - 13:00 WIB

Ilustrasi Solo Traveling (Ist)
Ilustrasi Solo Traveling (Ist)

INDUSTRY.co.id - Berlibur bisa dinikmati secara solo atau berkelompok bersama teman maupun keluarga.

Berlibur secara kelompok dianggap lebih seru daripada sendirian, karena akan memiliki partner untuk berbagi cerita.

Namun, seseorang yang gemar berlibur sendirian biasanya bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain. Tidak adanya partner perjalanan akan membuat kamu merasa lebih bebas dalam membuat jadwal perjalanan.

Faktanya, dengan berlibur sendirian juga memiliki kekurangan di ataranya, biaya perjalanan ditanggung sendiri, tidak ada teman untuk mengambil foto, dan perjalanan kamu akan menjadi lebih sepi.

Namun, dibalik kekurangannya, manfaat seperti melatih kemandirian, membantu menemukan jati diri, melatih untuk mengatur keuangan sendiri, dan menjadi lebih percaya diri bisa kamu rasakan.

Selain itu, solo traveling juga bisa menjadi salah satu terapi healing bagi kamu yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan.

Nah, bagi perempuan yang ingin mencoba solo traveling atau healing berikut beberapa tips menarik dari Pegipegi melalui siaran pers yang dierima Industry.co.id.

- Mencari Informasi Destinasi yang Akan Dikunjungi.

Sebelum memutuskan untuk solo traveling, tentunya harus mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut mulai dari kota tujuan tempat berwisata, bagaimana daerah sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, serta budaya penduduk setempat.

Kamu juga bisa mencari informasi terkait pukul berapa yang ramai dan sepi di daerah tersebut. Dikarenakan kamu bepergian sendirian, kamu harus sebisa mungkin untuk menghindari jam sepi agar lebih aman untuk bepergian.

- Menghitung bugdet.

Setelah menentukan kota tujuan untuk berwisata, kamu harus menghitung budget yang kamu punya. Tujuan dari menghitung budget ini adalah agar kamu dapat bepergian sesuai dengan kemampuan.

Kamu juga harus menyesuaikan biaya yang kamu punya dengan hotel tempat menginap, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan berapa lama akan bepergian.

Budget yang dimiliki dapat dibagi sesuai kebutuhan, seperti untuk membayar tiket perjalanan, memesan hotel, mengunjungi destinasi wisata, dan uang saku selama di perjalanan.

- Memesan Tiket Perjalanan.

Setelah menghitung budget, kamu dapat langsung membeli tiket perjalanan. Kamu bisa memilih untuk naik pesawat, kereta, atau bus.

Transportasi perjalanan yang akan kamu gunakan dapat menyesuaikan biaya yang kamu punya. Untuk keamanan diri, kamu dapat memesan tiket perjalanan secara online.

Selain lebih aman, membeli tiket secara online biasanya akan mendapatkan promo-promo yang menguntungkan, juga membuat perjalanan kamu lebih terencana.

- Memilih Hotel dan Destinasi Wisata.

Kamu dapat memilih hotel dan destinasi wisata sesuai dengan biaya. Kamu dapat membaca review-review hotel di daerah yang akan dikunjungi, lalu ketika hotel yang diincar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, kamu dapat langsung memesan hotel tersebut. Kamu juga dapat membaca dari berbagai sumber terkait destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tersebut.

- Menyiapkan Barang Bawaan.

Hal ini adalah yang paling penting. Sebelum bepergian kamu harus menyiapkan barang bawaan, mulai dari pakaian, peralatan mandi, kartu identitas, dan lainnya.

Jangan lupa menyiapkan pakaian-pakaian yang kece selama bepergian. Pakaian yang bagus juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

- Buat Rencana Cadangan.

Kamu harus mempunyai rencana cadangan ketika ingin bepergian. Jangan hanya terpaku dengan satu rencana.

Buatlah rencana cadangan berdasarkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan,  dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).