Hingga Akhir Februari 2022, WIKA Beton Raih Kontrak Baru Rp1,03 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 28 Maret 2022 - 17:15 WIB

Salah satu pekerja lapangan PT Wijaya Karya Beton Tbk, atau WIKA Beton, sedang mengukur tingkat akurasi pemasangan beton pracetak di lapangan. (Foto: Humas WIKA Beton)
Salah satu pekerja lapangan PT Wijaya Karya Beton Tbk, atau WIKA Beton, sedang mengukur tingkat akurasi pemasangan beton pracetak di lapangan. (Foto: Humas WIKA Beton)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), atau Wika Beton, hingga akhir Februari 2022 berhasil membukukan kontrak baru Rp1,03 triliun. Beberapa proyek besar yang mendukung perolehan ini adalah Coastal Area Kota Balikpapan, Jalan Tol Indrapura Kisaran, Manyar Smelter Project, Peningkatan Jalur KA Medan Labuhan - Rantau Parapat, dan Tol Palembang - Betung.

 

Dalam siaran pers yang diterima industry.co.id, Senin (28/03/2022), Corporate Secretary WTON, Yuherni Sidwi R, mengungkapkan, total nilai kontrak yang diperoleh WTON hingga akhir 2022 ini ditargetkan Rp7,25 triliun.

 

Yuherni menjelaskan, untuk meraih target kontrak sebesar itu, perusahaan konstruksi BUMN yang kini memasuki usia 25 tahun itu menetapkan sejumlah strategi bisnis agar dapat kembali bangkit akibat dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

 

Adapun strategi-strategi yang diterapkan manajemen WTON tersebut adalah:

 

1. Mengembangkan pasar dengan menerapkan cost leadership & create project, meningkatkan strategi dengan WIKA Group, memaksimalkan digital marketing, serta melakukan penetrasi pasar ASEAN.

 

2.   Mengoptimalkan kapasitas produksi pabrik & readymix concrete, memperkuat penjualan

produk non-precast, dan mempercepat penyerahan produk ke pelanggan.

 

3. Mengembangkan usaha dengan memajukan mobile plant, optimalisasi pabrik yang ada (existing), dan realignment bisnis perusahaan anak.

 

4. Mengoptimalkan modal usaha, salah satunya dengan percepatan pencairan dan penyelesaian piutang bermasalah.

 

Menurut Yuherni, penerapan strategi ini didukung penuh oleh peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), integrasi sistem teknologi informasi (TI) dan penerapan supply chain management.

 

Jika dibandingkan dengan target perolehan kontrak perusahaan setahun penuh pada 2022 ini, maka kontrak yang diperoleh WTON hingga akhir Februari 2022 ini sudah mencapai sekitar 14,21% dari target perolehan kontrak setahun penuh.

 

Sementara itu, hingga per 31 Desember 2021 WIKA Betonn meraih kontrak sebesar Rp5,21 triliun dengan carry over Rp1,45 triliun, sehingga total kontrak yang dihadapi mencapai Rp6,67 triliun.

 

Selain itu, WIKA Beton juga membukukan penjualan Rp4,31 triliun. Kendati di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, WTON mampu meraih laba bersih Rp81 miliar per 31 Desember 2021.

 

Berbagai proyek besar yang menjadi kontributor bagi WTON pada 2021 lalu adalah proyek-proyek sektor infrastruktur sebesar 67,93%, proyek sektor properti sebesar 17,63%, dan sisanya berasal dari sektor energi, industri, dan tambang yang masing-masing menyumbang sebesar 11,23%, 2,53%, dan 0,58%.

 

Berdasarkan segmentasi kepemilikan, kontrak baru WTON pada 2021 didominasi swasta sebesar 60,45%, disusul perusahaan induk WIKA 18,82%, perusahaan BUMN lain sebanyak 18,04%, serta pemerintah 2,69%.

 

Proyek-proyek besar yang mendukung kinerja WIKA Beton pada 2021 adalah Kereta Cepat

Jakarta-Bandung, Manyar Smelter Project, Kawasan Industri Terpadu Batang, Pembangunan Sinyal dan Telekomunikasi Jalur Ganda Kereta Api antara Mojokerto-sepanjang lintas Surabaya Solo, RKEF Smelter Nikel, Bandara Internasional Kediri, Tanggul Pengaman Pantai NCICD, Tol Serpong-Balaraja, Pengaman Muara Sungai Bogowonto, RDMP Balikpapan, dan lainnya.

 

Kapasitas produksi beton pracetak WTON pada 2021 mencapai hingga 4,66 juta ton, naik 5,43% dibanding pada 2020. Sementara, kapasitas produk readymix WIKA Beton pada 2021 meningkat menjadi 1,48 juta meter kubik.

 

 

 

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan WTON

 

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) WIKA Beton ke-25, WIKA Beton menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di 16 (enam belas) titik yang tersebar di Indonesia dengan total dana Rp300 juta.

 

Ada 4 (empat) kelompok besar program TJSL yang dilakukan WTON, yakni:

 

1. WTON 3R “Beautifikasi Fasilitas Umum” dengan perbaikan fasilitas umum yang dilaksanakan di tujuh tempat ibadah, tiga sekolah, dan lima puskesmas.

 

2. WTON Peduli “Hijaukan Sekitarmu” dengan total penanaman pohon 570 buah, bersinergi

dengan Grup WIKA.

 

3. WTON Peduli Nakes dengan total tenaga kesehatan yang menerima manfaat sebanyak 400 orang.

 

4. WTON Sehat “Vaksin Booster COVID-19” bagi pegawai, keluarga, dan masyarakat sekitar unit kerja WIKA Beton dengan total penerima vaksin booster sebanyak 640 orang.

 

Selain itu, terdapat pula kegiatan khitanan massal dan santunan anak yatim. Kegiatan ini adalah agenda rutin yang selalu dilaksanakan pada setiap perayaan HUT WIKA Beton.

 

Khusus tahun ini, WIKA Beton menitikberatkan bantuan pada tenaga kesehatan, baik itu berupa sembako, perbaikan puskesmas, hingga pemberian bantuan alat-alat kesehatan seperti oksigen konsentrator.

 

WIKA Beton menyadari puskesmas merupakan garda terdepan penanganan kesehatan masyarakat, terlebih di masa pandemi yang cukup berat ini. Karena itu, program ini dilaksanakan sebagai apresiasi dan rasa terima kasih WIKA Beton untuk para nakes yang bertugas. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…