Menparekraf Sebut Wisata Golf Indonesia Miliki Potensi Bangkitkan Ekonomi Pascapandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 28 Maret 2022 - 15:00 WIB

Wonderful Archipelago Golf Turnamen 2022 di Royale Jakarta Golf Club (Foto: Kemenparekraf)
Wonderful Archipelago Golf Turnamen 2022 di Royale Jakarta Golf Club (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, olahraga golf menjadi bagian utama dari sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga. Untuk itu perlu semua pihak mendorong potensi besar tersebut sebagai upaya membangkitkan ekonomi pascapandemi.

"Wisata golf di tanah air potensial sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja pascapandemi," katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Menparekraf Sandiaga saat mengikuti sekaligus meresmikan acara Wonderful Archipelago Golf Turnamen 2022 di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta, Minggu (27/3/2022) lebih lanjut mengatakan, potensi wisata golf Indonesia itu sangat besar dan tersebar di sejumlah daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Bintan, dan Belitung. 

"Oleh karena itu kita sangat mendukung kegiatan ini, terlebih dari hasil penggalangan dana kegiatan ini akan disalurkan kepada kegiatan-kegiatan sosial, sehingga membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," katanya.

Menparekraf Sandiaga juga mengundang berbagai pihak untuk berkolaborasi dan berinovasi. Ini adalah bagian dari tatanan ekonomi baru, dimana pascapandemi kegiatan itu sudah mulai bisa disusun kembali dengan penerapan protokol kesehatan dan kolaborasi yang saling menguntungkan. 

"Saya senang setelah dua tahun ini kita bisa bangkit dan saya lihat peluang usaha dan lapangan kerja jadi lebih terbuka. Lapangan golf di tengah pandemi menjadi suatu anomali. Kami memantau, justru minat orang bermain golf meningkat untuk itu kami membuat panduan protokol kesehatan di bidang sport tourism khususnya di golf," ujarnya.

Kemenparekraf juga sudah telah menggelar beberapa kegiatan di Bali dan Belitung sekaligus mendorong penambahan lapangan golf bertaraf internasional yang ada di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP).

"Kami mendorong pengembangan 25 lapangan golf baru di 5 DSP sampai tahun 2025. Dan yang akan kami dorong minimal 5 lapangan golf berstandar internasional. Karena golf memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Kita punya lapangan golf yang bagus-bagus, keramahtamahan dan pelayanan menjadi modal yang diunggulkan buat wisatawan atau pemain golf itu sendiri," tukasnya.

Dalam acara Wonderful Archipelago Golf Tournament 2022 yang diikuti 156 peserta, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Periode 2009-2014 Hatta Rajasa dan Menteri Pariwisata Periode 2014-2019 Arief Yahya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…