Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Layani Rute Kuala Lumpur-Denpasar

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 25 Maret 2022 - 09:14 WIB

AirAsia jadi maskapai ketujuh yang operasikan penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai_
AirAsia jadi maskapai ketujuh yang operasikan penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai_

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali melayani tambahan penerbangan rute internasional dengan beroperasinya penerbangan dari maskapai AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Bali pp. Rute ini kembali beroperasi dengan penerbangan perdana AirAsia AK376 yang mendarat perdana di Bali pada Senin (21/3) pukul 13.25 WITA, dengan mengangkut 106 penumpang.

Setibanya di Bali, penerbangan yang menggunakan pesawat tipe Airbus A320 tersebut disambut dengan _water salute_. Pesawat yang sama kemudian kembali menuju Kuala Lumpur dengan menggunakan nomor penerbangan AK377 pada pukul 13.55 WITA di hari yang sama dengan mengangkut 6 penumpang.

"Dengan beroperasinya penerbangan AirAsia rute Kuala Lumpur-Bali pp tersebut, tercatat hingga saat ini telah terdapat tujuh maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan rute internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Tercatat, lima rute telah terhubung dengan Bali, yaitu Singapura, Sydney, Melbourne, Tokyo melalui Bandara Narita, serta yang terbaru adalah Kuala Lumpur," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi pada Kamis (24/03).

"Kami cukup optimis dengan proyeksi pertambahan penerbangan internasional dan pertumbuhan penumpang rute internasional. Hari Minggu (27/03) nanti, Bandara I Gusti Ngurah Rai akan kembali melayani penerbangan internasional reguler tambahan, yaitu dari Qatar Airways yang akan menghubungkan Bali dengan Doha. Proyeksi penumpang yang _landing_ dan berangkat dari penerbangan ini pun cukup banyak," tambah Faik Fahmi.

Dikutip dari data, semenjak beroperasi kembali pada 3 Februari 2022 lalu, sebanyak 18.614 penumpang dan 217 pergerakan pesawat udara rute internasional reguler telah terlayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Rabu (23/03). Jika dirinci, sebanyak 12.439 penumpang rute internasional tiba di Bali melalui 111 pergerakan pesawat udara. Sedangkan untuk rute keberangkatan internasional, 6.175 penumpang dan 106 pergerakan pesawat telah terlayani dari periode 3 Februari hingga 23 Maret.

"Jika dirata-rata, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 365 penumpang dan 4 pergerakan pesawat rute internasional per hari. Kami semakin optimis penerbangan internasional akan semakin menggeliat, terutama dengan berlakunya Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 22 Tahun 2022 yang mengatur masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yaitu 7x24 jam bagi yang telah menerima vaksin dosis pertama, dan 1x24 jam bagi PPLN yang telah menerima vaksin dosis kedua atau dosis ketiga," ujar Faik Fahmi.

"Dengan berlakunya aturan baru ini, kami mengimbangi dengan memastikan kualitas fasilitas dan layanan kepada pengguna jasa, serta implementasi protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan SOP yang berlaku, sehingga proses kedatangan dan keberangkatan penumpang dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan sehat," tutup Faik Fahmi.

Per Kamis (24/03), rute penerbangan kedatangan internasional yang beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah Garuda Indonesia GA881 rute Narita-Bali yang beroperasi setiap Kamis; Singapore Airlines SQ938 rute Singapura-Bali setiap Senin, Rabu, Jum'at, dan Minggu; Singapore Airlines SQ944 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Kamis, Sabtu; Scoot TR288 rute Singapura-Bali setiap Senin, Jum'at, dan Minggu; Garuda Indonesia GA715 rute Sydney-Bali setiap Jum'at; JetStar Asia 3K243 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Jum'at, dan Sabtu; KLM KL835 rute Singapura-Bali setiap Rabu dan Sabtu; JetStar Airways JQ43 rute Melbourne-Bali setiap Senin; dan AirAsia AK376 rute Kuala Lumpur-Bali setiap Senin dan Jum'at.

Sedangkan untuk rute keberangkatan internasional adalah penerbangan Singapore Airlines SQ939 rute Singapura-Bali setiap Senin, Rabu, Jum'at, dan Minggu; Singapore Airlines SQ945 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Kamis, Sabtu; Scoot TR289 rute Singapura-Bali setiap Senin, Jum'at, Minggu; JetStar Asia 3K244 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Jum'at, Minggu; KLM KL836 rute Singapura-Bali setiap Rabu dan Sabtu; JetStar JQ44 rute Melbourne-Bali setiap Selasa; dan AirAsia AK377 rute Kuala Lumpur setiap Senin dan Jum'at.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…