Berkat Komitmen Dalam Penerapan Sustainable Finance, Danamon Peroleh Platinum Greenship Certification

Oleh : Hariyanto | Rabu, 23 Maret 2022 - 14:37 WIB

 Danamon Peroleh Platinum Greenship Certification
Danamon Peroleh Platinum Greenship Certification

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima sertifikasi Platinum Greenship Certification dalam upayanya mendukung program pengembangan yang berkelanjutan demi masa depan generasi penerus.

Penyerahan sertifikat ini dihadiri langsung oleh Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah Danamon, Iwan Prijanto selaku Ketua Green Building Council Indonesia, konsultan PT Narama Mandiri dan PT Colliers International, bersama perwakilan tim Corporate Real Estate Management dan Sustainability Finance Danamon.
 
Sebagai salah satu negara yang menghadapi risiko perubahan iklim terbesar, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% di tahun 2030. Melihat hal tersebut dan mengingat urgensi isu keberlangsungan yang kian penting, Danamon pun ikut berkomitmen dalam mendorong penerapan sustainable finance dengan membentuk Sustainability Committee sejak tahun 2019.

Komite ini didirikan untuk mengimplementasikan lima prioritas rencana program yang merupakan bagian dari keinginan Danamon dalam memenuhi ketentuan dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.
 
“Danamon merasa sangat terhomat dan berterima kasih atas penganugerahan sertifikasi Greenship, Platinum untuk Menara Bank Danamon dari Green Building Council Indonesia. Sertifikasi ini merupakan buah dari upaya kami untuk senantiasa mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui penerapan Sustainable Finance. Dalam kesempatan yang luar biasa ini pula, saya dengan bangga mengungkapkan bahwa Danamon adalah bank pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Greenship Platinum untuk kategori Kantor Pusat,” ujar Herry Hykmanto, Direktur Syariah Danamon yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (23/3/2022).
 
Selaras dengan tujuan dan semangat keberlanjutan yang diusungserta sebagai bagian dari keluarga besar MUFG yang memiliki komitmen kuat dalam hal Carbon Neutrality, Danamon juga bertanggung jawab dalam mendukung inisiatif-inisiatif terkait Carbon Neutrality. Hal ini demi memenuhi ketentuan dan arahan dari pemerintah serta pihak regulator, sekaligus menjaga keselarasan dengan MUFG.

Salah satu langkah yang dilakukan Danamon adalah  melakukan perkiraan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance, sehingga pada fiscal year 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.
 
“Danamon percaya bahwa keberlanjutan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar kita dapat melestarikan lingkungan hidup yang sehat demi anak cucu kita di masa depan. Danamon juga yakin bahwa penerapan Sustainable Financing akan memiliki dampak yang positif, tidak hanya bagi kehidupan kita sebagai individu, tetapi juga berbagai sektor bisnis dan perekonomian,” tambah Herry.
 
Ke depannya, Danamon akan terus mengembangkan inisiatif strategis dan tindakan sistematis untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasional. Beberapa pendekatan yang akan diwujudkan di antaranya seperti penghematan tenaga listrik, pembuatan tenaga listrik secara mandiri melalui penggunaan panel surya, dan pembelian Renewable Energy Certificates (REC).

Selain itu, Danamon juga akan berfokus pada berbagai pembiayaan yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan, seperti pemasangan panel surya sebagai sumber energi terbarukan, serta transisi pada penggunaan baterai dan kendaraan elektrik yang juga memberikan manfaat berupa penghematan tenaga listrik dan bahan bakar.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.