MotoGP Mandalika Berlangsung Sukses, Dirut Pertamina: Terimakasih Pada Semua Pihak yang Telah Membantu

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Maret 2022 - 11:53 WIB

Juara MotoGP
Juara MotoGP

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ajang balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah selesai. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengapresiasi semua pihak yang telah menyusekseskan perhelatan balapan motor terbesar di dunia itu.

Meski dilaksanakan dalam kondisi hujan, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 terlaksana dengan lancar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB, Minggu (20/3/2022). 

Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang, disusul oleh Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha di urutan kedua dan Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati di posisi ketiga.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh, dan juga seluruh pihak baik penyenggara maupun seluruh pekerja yang siang malam menyiapkan kegiatan ini," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga mengapresiasi terlaksananya MotoGP Mandalika 2022 yang berjalan dengan baik. Terlebih antusias masyarakat tinggi dalam acara balapan ini, meski cuaca hujan deras sebelum pertandingan berlangsung.

"Terima kasih kepada semua pihak yang membantu perhelatan akbar ini. Tentunya kami merasa bangga dan senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan yang berjalan dengan baik dan sukses ini, meski tadi balapannya dalam cuaca hujan," ujar Nicke.

Nicke mengatakan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi, khususnya untuk kawasan NTB. Salah satunya kebangkitan para pegiat usaha UMKM.

"Tentu dengan adanya kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita," kata Nicke.

Nicke mengatakan, sejak 3 bulan lalu Pertamina sudah menyiapkan UMKM binaan Pertamina untuk hadir dalam event MotoGP Mandalika. Bahkan, Pertamina telah mengkurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika, terutama aneka makanan dan minuman.

"UMKM kita menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, ada juga berbagai produk lokal seperti kopi, madu, kerajinan tangan dan juga tentunya souvenir khas Lombok yakni mutiara. Tentu ini jadi momen untuk UMKM di NTB bisa bangkit dan mendunia," kata Nicke.

Untuk diketahui, Pertamina menjadi sponsor utama dalam MotoGP Mandalika 2022, baik dalam penamaan sirkuit yakni 'Pertamina Mandalika International Street Circuit' maupun dalam pelaksanaan event yakni 'Pertamina Grand Prix of Indonesia'. Keterlibatan Pertamina ini dilakukan dalam upaya mendukung Instruksi Presiden Joko Widodo pada pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…