Produksi Semen Conch Capai 750.000 Ton

Oleh : Irvan AF | Selasa, 13 Juni 2017 - 14:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id, Tanjung - Produksi semen PT Conch South Kalimantan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan sejak Januari hingga Juni 2017 mencapai 750.000 ton dan sudah dilepas ke pasaran sebanyak 700.000 ton.

Perwakilan PT Conch South Kalimantan Yandrie, di Tanjung, Selasa (13/6/2017), mengatakan perusahaan menargetkan tahun ini produksi semen bisa mencapai 7.000 ton per hari.

"Enam bulan ini semen yang sudah dipasarkan sebanyak 700.000 ton dari produksi 750.000 ton," kata Yandrie, usai memberikan bantuan paket bagi warga miskin dan lanjut usia di Desa Saradang, Kecamatan Haruai.

Sebagai perusahaan asing dengan nilai investasi Rp6,5 triliun ini, diperkirakan akan memproduksi semen di 'Bumi Saraba Kawa' hingga 50 tahun.

Awal beroperasi pabrik semen dari Tiongkok ini mampu memproduksi 3.200 ton per hari, namun masih terkendala distribusinya, kata Yandrie, sehingga sempat berkurang hingga 2.500 ton per hari.

Keberadaan pabrik semen ini berdampak pada kerusakan jalan nasional, menyusul aktivitas angkutan semen melebihi ketentuan tonase.

Secara terpisah Kasatlantas Polres Tabalong AKP Faisal Amri Nasution mengatakan baru-baru ini kembali mengamankan empat angkutan semen karena melanggar ketentuan tonase.

"Kami ingin memberikan efek jera bagi angkutan semen yang melebihi tonase, karena itu empat unit kendaraan pengangkut semen itu sudah diamankan," ujar Faisal.

Tercatat sejak Januari hingga Juni 2017, sekitar 68 unit angkutan semen kena tilang, dan pada 2016 sebanyak 116 unit angkutan semen itu melanggar ketentuan tonase.

Sebelumnya, anggota DPD RI Habib Abdurrahman Bahasyim saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik semen ini, meminta PT Conch membuat jalan khusus agar tidak merusak infrastruktur di daerah tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 20 Januari 2020 - 06:59 WIB

Awal Pekan IHSG Bergerak Akan Menguat

Secara teknikal IHSG mulai beranjak kuat diatas level support Moving Average 200 hari, 20 hari dan 5 hari sebagai indikasi kuat kembali menguji resistance upper bollinger bands yang berada di…

Presiden Jokowi (Foto Setkab)

Senin, 20 Januari 2020 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo

Tentunya Presiden Jokowi sudah mendengar informasi bahwa Labuan Bajo tidak hanya terkait dengan Taman Nasional Komodo.

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Senin, 20 Januari 2020 - 04:00 WIB

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Para peserta Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Kolatmar melaksanakan kegiatan ketahanan mars (Hanmars) sejauh 20 Km. Kegiatan Hanmars tersebut dilaksanakan di wilayah Surabaya dengan…

Kopda Marinir David Juara 2 Menembak Banyuwangi Cup

Senin, 20 Januari 2020 - 03:30 WIB

Kopda Marinir David Juara 2 Menembak Banyuwangi Cup

Prajurit Marinir Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon menyabet tropi juara ke 2 dalam Kejuaraan Menembak Pistol Eksekutif Kapolresta Banyuwangi Cup yang diadakan di Lapangan…

Laksma TNI Suradi Agung Slamet, S.Sos., S.T., M.M. Raih Gelar Doktor di IPDN

Senin, 20 Januari 2020 - 03:00 WIB

Laksma TNI Suradi Agung Slamet, S.Sos., S.T., M.M. Raih Gelar Doktor di IPDN

Setelah berjuang dengan penuh kesabaran, akhirnya Laksma TNI Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M. sukses menyandang gelar Doktor di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta, Rabu…