Kebijakan VoA diterapkan di Jakarta dan Surabaya, Wisman Asal China dan Inda Masuk Daftar

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Maret 2022 - 10:00 WIB

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)
Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara, pemerintah Indonesia berencana untuk memperluas pemberlakuan Visa on Arrival (VoA) bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari sejumlah negara di Jakarta dan Surabaya. 

Sebelumnya, Visa on Arrival telah kembali diterapkan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari 23 negara.

Dalam Weekly Press Briefing, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah juga memperluas negara yang bisa mendapatkan fasilitas VoA untuk wisata ke Bali.

Meskipun belum menyebutkan secara pasti negara mana saja dan jumlahnya, namun Sandiaga Uno menyebutkan dua di antaranya adalah China dan India.

"Berdasarkan Ratas (rapat terbatas) kami usulkan penambahan beberapa negara dan sudah disetujui seperti China dan India. Mudah-mudahan segera bisa diumumkan (daftarnya)," terang Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Menurutnya, salah satu dasar pertimbangan pemilihan negara yang mendapatkan VoA adalah anggota G20 dan selama ini banyak mengirim wisatawan mancanegara atau wisman. Selain itu, wisatawan dari negara-negara ASEAN juga akan mendapatkan VoA.

Lebih lanjut, Menparekraf mengklaim sejauh ini belum terdapat kendala berarti dalam penerapan VoA kepada turis asing dari 23 negara yang datang ke Bali. Begitu pula kebijakan bebas karantina yang berjalan lancar.

"Kami terus mendorong pemanfaatan teknologi digital dan aplikasi PeduliLindungi yang sekarang sudah sangat smooth. Ini bagian dari kesiapan dan perbaikan parekraf untuk menyambut kembali wisatawan mancanegara," tutur Sandi.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, sejak penerapan VoA di Bali pada 7 Maret 2022 telah mendorong peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara. Total kedatangan pelaku perjalanan luar negeri dengan Visa on Arrival sebanyak 449 penumpang.

"Total PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp224 juta," jelas Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…