Lewat Wisata Olahraga, Menparekraf Dorong Kebangkitan Ekonomi Pasca-Pandemi di Pacitan Jatim

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 13 Maret 2022 - 10:15 WIB

Fun Run 10 K di Kabupaten Pacitan (Foto: Kemenparekraf)
Fun Run 10 K di Kabupaten Pacitan (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi Covid-19 bagi masyarakat Pacitan, Jawa Timur, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dukung pengembangan wisata olahraga. 

Sandiaga usai mengikuti Fun Run 10 K di Kabupaten Pacitan dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Pacitan ke-277, Sabtu (12/03/2022), menyampaikan event wisata olahraga diyakini tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tapi juga dapat dijadikan strategi untuk memperkenalkan destinasi wisata. 

"Kami yakin event wisata olahraga ini tidak hanya sehat tapi juga memperkenalkan wisata di Pacitan. Saya tadi menyusuri pantai, luar biasa bagusnya, dan saya yakin jika kita kerja sama bareng, bergandengan tangan InsyaAllah kita dapat menyusun tatanan baru dengan konsep ekonomi Pacitan berbasis wisata olahraga," katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga mengungkapkan bahwa Pacitan berada di lokasi strategis yang di mana cocok untuk diselenggarakannya beberapa event wisata olahraga seperti sepeda, lari, trail run, beberapa kegiatan wisata olahraga lainnya. 

“Saya sangat optimistis karena Pacitan ini letak geografisnya sangat strategis di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jadi, mudah-mudahan ini juga bisa menjadi spot untuk sepeda, spot untuk lari dan trail run, serta beberapa kegiatan pariwisata berbasis olahraga. Saya yakin dari semangat Pak Bupati bisa ada 2 atau 3 event wisata olahraga yang bisa dilaksanakan untuk kebangkitan ekonomi,” ujar Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyebut bahwa Pacitan memiliki potensi wisata berbasis ecotorism. Ia berharap potensi tersebut dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan. 

“Tadi saya sudah merasakan sensasi lari di sini, dan saya melihat bahwa Pacitan ini sangat ramah lingkungan. Jadi nanti, selain wisata olahrga juga bisa dikenalkan dengan ecotourism.” ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan bahwa event Fun Run ini bisa mempromosikan destinasi wisata di Pacitan. Ia juga mengapresiasi kehadiran Menparekraf dalam mendukung event tersebut. 

“Harapannya ini bisa jadi alat promosi pariwisata di Pacitan. Karena, banyak sekali daya tarik wisata yang ada di Pacitan ini yang saya yakin hanya ada di Pacitan dan ini semua keindahannya luar biasa,” ujarnya. 

Fun Run 10 K ini adalah event wisata olahraga yang diselenggarakan oleh Asosiasi Festival, Event & Kreatif Indonesia (AFEKINDO), untuk menyemarakan Hari Jadi Pacitan ke-277. Selain itu, juga ada event wisata olahraga lainnya, yaitu fun bike dengan start di Pantai Pancer Door Pacitan dan finish di Pantai Srau. Fun bike ini sendiri menempuh jarak 100 kilometer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…