Kemenperin Gandeng Kementan Tingkatkan Penyediaan Bahan Baku Kapas

Oleh : Ridwan | Selasa, 13 Juni 2017 - 11:18 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian melalui Dirjen IKM dan Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian telah menandatangani nota kesepahaman program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) tenun melalui penyediaan bahan baku serat kapas di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, saat ini industri tenun berperan sebagai salah satu oenggerak perekonomian regional dan nasional yang memberikan kontribusi terhadap devisa negara dan menyerap tenaga kerja.

"Saat ini ada sekitar 269 sentra tenun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Nusa tenggara Timur(NTT). Hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi NTT adalah penghasil tenun dengan 115 sentra IKM dan 3.506 perajin yang memiliki ciri khas masing-masing daerah," ungkap Gati Wibawaningsih seusai acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Dirjen Perkebunan, kementan di kantor kemenperin, Jakarta (13/6/2017).

Sekedar informasi, sebagai langkah awal telah dilakukan penanaman kapas di lahan seluas 13 hektar oleh Dirjen Perkebunan, Kementan di kecamatan Mollo Barat dan sebelumnya pada bulan Mei lalau telah dibuat demplot oleh Balai Penelitian dan Pengembangan kementerian Pertanian dilahan seluas 3 hektar di Kecamatan yang sama.

Gati menambahkan, Dirjen IKM selanjutnya akan memberikan bantuan pendampingan desain dan bantuan peralatan mesin gining dan mesin tenun kepada sentra tenun di Kabupaten Timor Tengan Selatan yang merupakan tindak lanjut dari program pendampingan di tahun 2016.

"Melalui pelaksanaan kerjasama ini akan dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan baku kapas untuk perajin yang berada di sentra tenun Khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan," ucapnya.

Dalam memperkuat produk tenun, Dirjen IKM Kemenperin akan melakukan serangkaian pembinaan bagi IKM melalui fasilitas penguatan sumber daya manusia dengan kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan untuk penumbuhan wirausaha baru.

"Kedepan diharapkan produk tenun tidak hanya dipakai untuk adat saja tetapi juga fesyen, produk kerajinan dan home decor," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.