Kemenparekraf Gelar Lomba Karya Musik Anak Komunitas untuk Peringati Hari Musik Nasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 11 Maret 2022 - 09:30 WIB

Ilustrasi Musik Indonesia (Foto: Kemenparekraf)
Ilustrasi Musik Indonesia (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu, Aku). Lomba tersebut sebagai upaya membangkitkan semangat insan musik tanah air di tengah pandemi Covid-19.

Lomba Karya Musik Anak Komunitas hadir sebagai wadah bagi para komunitas musisi daerah untuk menunjukan potensi, bakat, dan kemampuan dalam berkarya. Sebab, Indonesia dengan keanekaragaman budaya dan kesenian memiliki banyak potensi-potensi komunitas yang dapat diasah. 

Tahun ini adalah tahun kedua diselenggarakannya lomba Karya Musik Anak Komunitas, yang pada tahun ini mengangkat tema 'Musik untuk Kebangkitan Indonesia Baru'. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, menjelaskan tema tersebut diharapkan bisa mendorong karya-karya musik tanah air dengan kearifan lokal kolaborasi dari instrumen etnik dan modern agar mampu membangkitkan industri musik dari seluruh pelosok daerah di Indonesia. Sehingga menjadi wajah baru Indonesia setelah pandemi. 

Sandiaga mengajak seluruh insan musik tanah air khususnya yang tergabung dalam komunitas musik untuk ikut mengirimkan karya terbaik dalam ajang 'Kamu Aku'. 

"Tahun ini kami kembali mengajak seluruh komunitas di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu Aku)," kata Sandiaga. 

Sandiaga berharap lomba itu mampu membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif subsektor musik tanah air, sekaligus melahirkan musisi-musisi daerah yang bertalenta, seperti pemenang tahun lalu, Linkrafin dari Jember. 

"Meski kita sangat beragam, dengan musik kita tetap seirama, untuk mendukung seni musik di Indonesia, ayo daftarkan komunitasmu, ikuti kompetisi ini, dan saya tunggu karya musik terbaikmu," ujar Sandiaga. 

Lomba "Karya Musik Anak Komunitas" sendiri berhadiah total Rp250 juta. Perlombaan ini bersifat berkelompok. Yang boleh partisipasi merupakan perwakilan yang tergabung dalam komunitas musik atau sanggar kesenian di seluruh Indonesia, dan bukan perorangan.

Komunitas yang tertarik untuk ikut serta dalam lomba ini dapat mengisi formulir pendaftaran di website https://kamuaku.kemenparekraf.go.id/. 

Pendaftaran dan pengumpulan karya telah dibuka sejak 9 Maret 2022 hingga 15 Maret 2022. Dilanjutkan dengan proses penjurian dan pengumuman 50 ke 5 besar pada 9-11 Mei 2022. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.