Wujudkan Kebangkitan Ekonomi, Menparekraf Luncurkan "Kalender Event Kalbar 2022"

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Maret 2022 - 15:30 WIB

Peluncuran Kalender Event Kalimantan Barat 2022 (Foto: Kemenparekraf)
Peluncuran Kalender Event Kalimantan Barat 2022 (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kalimantan Barat memiliki keindahan alam dan budaya yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. 

Nah, untuk kamu yang berencana ke Kalimantan Barat di 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Un meluncurkan “Kalender Event Kalimantan Barat 2022” yang berisikan informasi tentang penyelenggaraan event pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Barat sepanjang tahun, nih!

Diharapkan Kalender Event Kaliman Barat 2022 ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan sehingga memberikan dampak positif bagi kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja. 

"Saya sangat mengapresiasi, ini adalah launching calendar of event pertama yang saya hadiri di tahun ini. Sejalan dengan ini saya berharap akan dilakukan langkah-langkah strategis untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dibuka secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat peluncuran "Kalender Event Kalbar 2022" melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga menambahkan, pemerintah telah melakukan kebijakan-kebijakan yang diharapkan dapat mendukung bangkitnya perekonomian, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti revisi aturan perjalanan dalam negeri yang tidak lagi memerlukan persyaratan hasil tes negatif antigen ataupun PCR selama sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap yaitu satu dan dua.

Selain itu juga kebijakan bebas karantina dan pemberlakuan kembali visa on arrival bagi pelaku perjalanan luar negeri. 

"Paradigma dan tren terbaru dari pariwisata pascapandemi harus betul-betul kita fokus dan susun langkah untuk kita bangkit. Kita harus buka peluang, buka lapangan kerja seluas-luasnya. Di Kalimantan Barat produk pariwisata dan ekonomi kreatifnya luar biasa," ujar Sandiaga. 

Kemenparekraf dikatakannya akan turut mempromosikan kalender event Kalimantan Barat 2022. 

"Saya bisa prediksikan bahwa kunjungan wisatawan ke Kalimantan Barat dan omzet penjualan produk-produk kreatifnya paling tidak naik 30 sampai 35 persen di tahun ini. Saya optimistis ini bisa tercapai kalau kita kerja dengan semangat 3G yakni gerak cepat, gerak bersama, dan garap semua potensi online," kata Sandiaga. 

Sementara Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, mengatakan, jika ingin mewariskan sumber perekonomian bagi masyarakat ke depan maka sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus dibangun dan kembangkan. Sumber daya alam suatu saat akan habis, tapi kreativitas akan terus berkembang. 

"Itu sebabnya kita harus betul-betul berinovasi dan berkreasi," kata Sutarmidji. 

Kalimantan Barat dikatakannya memiliki lebih dari 300 destinasi wisata dan sebagian besar merupakan daya tarik alam. Namun ia mengakui bahwa semua itu harus ditunjang dengan promosi yang baik. 

"Kita juga punya adat istiadat serta akar budaya yang sangat banyak. Penduduk kita heterogen dengan akar budaya yang betul-betul asri. Itu modal dasar bagi Kalimantan Barat bangkit dan kembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif," timpalnya.

"Saya yakin ini yang ke depan akan menopang ekonomi di Kalimantan Barat dan Indonesia," tukasnya.

Masyarakat dapat mengakses informasi terkait Kalender Event Kalimantan Barat 2022 melalui link bit.ly/coekalbar2022. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…