Bangkitkan Event Daerah Melalui Kharisma Event Nusantara 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 02 Maret 2022 - 10:00 WIB

Pelunucuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 (Foto: Kemenparekraf)
Pelunucuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya membangkitkan geliat event di daerah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan program "Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021".

Kharisma Event Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan Kharisma Event Nusantara 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan. 
 
"KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Seperti yang telah di lakukan di 2021, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event-event yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang diberikan pada penyelenggara event dapat lebih jelas dan terukur.  

Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media. 

Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II. 

Lalu diperoleh 171 event yang layak untuk presentasi di depan para kurator. Dan pada akhirnya, terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia.

"Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas," ujar Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa diluncurkannya KEN 2022, merupakan bukti nyata Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan industri parekraf di Indonesia sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang beragam. Mulai dari event seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik ada dalam agenda kegiatan KEN 2022. 

Selain itu, KEN 2022 menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional, dan akan menjadi salah satu lokomotif Indonesia agar ekonomi masyarakat kembali bergerak. KEN 2022 juga hadir untuk memberikan semangat agar pelaku ekonomi kreatif tetap optimistis dan senantiasa berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan semua pihak. 

“Kami berharap bahwa event-event yang masuk ke dalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dan aparat setempat," kata Sandiaga. 

Dukungan serupa juga diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam video sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Kharisma Event Nusantara 2022 yang merangkum event-event 34 provinsi di Indonesia, mulai dari event budaya, olahraga, hingga ekonomi kreatif ini, harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia, dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. 

"Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nusantara 2022. Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia," tukas Presiden Joko Widodo. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Kemenperin: Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun di Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…