Lewat Wisata Olahraga, Menparekraf Dorong Kebangkitan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja di Belitung

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 27 Februari 2022 - 13:15 WIB

 Pocari Sweat Sport (Run) Tourism di Kabupaten Belitung (Foto: Kemenparekraf)
Pocari Sweat Sport (Run) Tourism di Kabupaten Belitung (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Lewat event wisata olahraga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat Belitung lewat event wisata olahraga.

Usai mengikuti Pocari Sweat Sport (Run) Tourism di Kabupaten Belitung, Minggu (27/2/2022), Sandiaga mengatakan wisata olahraga merupakan sinyal dan momentum dari kebangkitan ekonomi serta pembukaan kerja bagi masyarakat. 

"Tadi kita selain mempromosikan sektor pariwisata, juga produk-produk ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung, Pulau Belitung, dan Provinsi Bangka Belitung," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga mengungkapkan event-event seperti ini juga dapat menjadi momentum bagi dunia usaha untuk berinvestasi dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif dari sebuah destinasi pariwisata. Sandiaga mengajak pelaku usaha bersama-sama dengan pemerintah pusat dan daerah mendorong pelaksanaan event berbasis wisata olahraga di berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Menurutnya, melalui event wisata olahraga, wisatawan tidak hanya bisa menjadi lebih sehat secara fisik, tetapi juga bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan dari destinasi wisata tersebut.

"Melalui event ini akan mendatangkan kunjungan (wisatawan), jadi tiba-tiba Belitung kembali ke peta destinasi wisata. Karena mereka akan mengunggah konten dan akhirnya membawa manfaat, untuk kebangkitan ekonomi kita," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Belitung, Sahani Saleh, mengapresiasi kehadiran event wisata olahraga di daerahnya. Sahani mengungkapkan hal ini menjadi pemicu kebangkitan semangat masyarakat Belitung untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Belitung.

"Karena sektor pariwisata itu memiliki multiplier effect bagi berbagai sektor kehidupan. Kegiatan ini menjadi langkah kebangkitan bagi kemajuan pariwisata khususnya di Belitung ini," kata Sahani.

Sementara itu, aktris sekaligus salah seorang peserta Pocari Sweat Sport ,(Run) Tourism, Melanie Putria, mengungkapkan event wisata olahraga ini menjadi momentum bagi para peminat wisata olahraga untuk lebih mengeksplorasi keindahan Indonesia. 

"Biasanya kami pergi ke luar negeri untuk berlari tapi kami tidak tahu bahwa di Indonesia ada banyak sekali keindahan alam yang luar biasa yang patut kita banggakan," kata Melanie.

Saat berlari, Sandiaga dan para peserta lari sempat mampir dan berswafoto ke Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film "Laskar Pelangi". 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Glamping resort di Yogyakarta

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:52 WIB

Glamping, Tren Wisata di Alam Bebas Senyaman di Hotel Mewah

Ada banyak pilihan jenis wisata, namun yang menjadi primadona belakangan ini adalah wisata di alam terbuka. Selain menawarkan keindahan, wisata di alam terbuka terasa lebih nyaman dilakukan,…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:48 WIB

Bank Mandiri Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Bank Mandiri konsisten memperkuat eksistensi sebagai lembaga keuangan terpercaya dalam mendukung sektor usaha lewat dukungan pembiayaan dengan skema sindikasi, terlihat dari posisi Bank Mandiri…

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.