SCI: Penunjukkan PT ASDP Indonesia Ferry Untuk Rute Kapal Jarak Jauh Dinilai Tepat

Oleh : Ridwan | Senin, 12 Juni 2017 - 10:05 WIB

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pengembangan program-program peningkatan konektivitas maritim, termasuk pengoperasian kapal feri jarak jauh.

"Direncanakan sebelum lebaran Kemenhub akan mengeluarkan izin operasional feri jarak jauh rute Jakarta-Surabaya yang akan dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," ungkap Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (12/6/2017).

Ia menambahkan, pada tahap awal perusahaan BUMN tersebut akan mengoperasikan KMP Port Link 3 yang berkapasitas 1.500 penumpang, 40 unit bus dan truck, serta 100 unit kendaraan pribadi.

Untuk rencana pengoperasian feri jarak jauh tersebut, pemerintah akan memberikan subsidi tarif sampai mencapai nilai keekonomian atau paling lama sekitar 2 tahun.

"Pemberian izin operasional feri jarak jauh kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sangat tepat, karena kepemilikan armada dan fasilitas, serta kompetensinya," terangnya.

Berdasarkan catatan SCI, perusahaan tersebut memiliki sekitar 135 unit armada kapal jenis roll on-roll off (ro-ro) dan melayani penyebrangan di 180 lintasan dengan 135 kapal komersial dan perintis sampai dengan tahun 2015.

"Pengoperasian feri jarak jauh untuk mengangkat barang akan memberikan manfaat bagi banyak pihak, serta waktu tempuh yang semakin singkat," tutup Setijadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembayaran melalui livin bank mandiri

Kamis, 02 Mei 2024 - 13:48 WIB

Livin´ Merchant, Inovasi Bank Mandiri Perluas Jangkau Nasabah UMKM

Bank Mandiri terus melakukan inovasi produk dan layanannya demi mewujudkan inklusi keuangan untuk berbagai lapisan masyarakat. Upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan layanan perbankan…

Dok. Kemenperin

Kamis, 02 Mei 2024 - 12:16 WIB

Kemenperin: Standar Industri Hijau Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri manufaktur yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Salah satu upayanya adalah melalui kebijakan industri…

Andi Rizaldi, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin.

Kamis, 02 Mei 2024 - 12:15 WIB

Kemenperin: Standar Industri Hijau Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri manufaktur yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Salah satu upayanya adalah melalui kebijakan industri hijau…

Privy hadirkan tanda tangan digital.

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:43 WIB

Amankan Transaksi Digital, Privy Hadirkan Paket Berlangganan Tanda Tangan Unlimited

Fitur baru Privy, tanda tangan digital, membantu pelaku usaha dan individu melindungi transaksi elektronik berisiko tinggi sesuai UU ITE.

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…