MotoGP Mandalika Diharapkan Dapat Berkontribusi Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Februari 2022 - 09:45 WIB

MotoGP Mandalika 2022 (Foto: kemenaprekraf)
MotoGP Mandalika 2022 (Foto: kemenaprekraf)

INDUSTRY.co.id - Ajang MotoGP Mandalika 2022 yang digelar pada Maret diharapkan dapat berkontribusi besar bagi kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja khususnya bagi masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat memimpin rapat sinkronisasi pelaksanaan Moto GP Mandalika secara daring, Selasa (22/2/2022), mengajak semua pihak agar turut mendorong kesuksesan pelaksanaan MotoGP demi semakin terbukanya pemulihan ekonomi dan peluang lapangan kerja baru. 

Sandiaga menyebutkan pada 18 Februari 2022 yang lalu, Kemenparekraf telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Dorna Sports untuk mengukuhkan Indonesia sebagai pemilik hak pelaksanaan MotoGP 2022 yang akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022. 

Selain itu, dalam rangka menyukseskan penyiapan infrastruktur penunjang gelaran ini, Sandiaga mengatakan pihaknya telah memantau langsung pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika. Ia juga memastikan kesiapan Glamping Mandalika yang menjadi salah satu lokasi penginapan bagi para penonton Moto GP pada Minggu (20/2/2022). 

"Saya mendapat laporan dan melihat sendiri that we're ahead of our schedule walaupun tentunya kita berdoa cuaca mendukung dan kesiapan faktor-faktor lainnya sehingga pengaspalan kembali ini bisa berlangsung lancar dan sukses," katanya. 

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, mengatakan saat ini pihaknya masih terus mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung kelancaran pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022. 

Seperti pelebaran jalan provinsi di area utara kawasan Sirkuit Mandalika, pembangunan lokasi parkir di area timur dan barat, perampungan sarana dan prasarana di kawasan dalam sirkuit, serta pembangunan jalur shuttle bus di area selatan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. 

"Jalan provinsi akan kita perluas dan saat ini sudah mulai terlihat pembangunannya. Kita harapkan nanti pada minggu pertama Maret 2022 sudah selesai menjadi empat jalur," kata Hadi. 

Selain itu, Hadi juga menyampaikan Presiden Jokowi sudah menargetkan jumlah tiket terjual di angka 63 ribu hingga 100 ribu tiket. Sehingga, mantan Panglima TNI itu menilai perlu ada langkah-langkah promosi yang kuat agar penjualan tiket dapat mencapai angka yang ditargetkan dan sarana hunian pariwisata (sarhunta) di sekitar kawasan Mandalika dapat terisi optimal. 

Menanggapi hal tersebut, Menparekraf menyampaikan pihaknya bersama dengan stakeholder terkait akan melakukan launching bersama penjualan tiket MotoGP Mandalika 2022 yang pelaksanaannya tinggal 23 hari lagi. 

"Kita harus melakukan launching bersama penjualan tiket di tiga minggu terakhir ini untuk mencapai target dan sesuai dengan arahan Bapak Presiden,"  tukas Sandiaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…