Menparekraf Berharap MotoGP Mandalika Berikan Dampak Pada Pertumbuhan Ekonomi bagi UMKM Lokal

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Februari 2022 - 09:00 WIB

UMKM Lokal (Kemenparekraf)
UMKM Lokal (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Diketahui, pelaku UMKM membuka 97 persen lapangan kerja dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia. Sementara,  berdasarkan data Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, berharap perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku UMKM lokal. 

"Kita ingin produk-produk ekonomi kreatif lokal bisa tampil di MotoGP, kita mau semua UMKM ini tersentuh dengan hadirnya MotoGP yang ada di Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Jadi harapannya kita bisa menggerakkan dan memberdayakan UMKM," kata Menparekraf Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dikatakan Menparekraf, Gemawira sebagai komunitas independen yang berdiri sendiri, dan tidak dibawahi oleh organisasi manapun, bisa menjadi mitra Kemenparekraf dan pemerintah daerah setempat dalam memberdayakan UMKM lokal, memberikan pelatihan, dan peningkatan kompetensi.

"Kita juga ada program stimulus Bangga Buatan Indonesia. Mari sama-sama kita manfaatkan program pemerintah, karena sudah dua tahun UMKM ini sepi. Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga mengingatkan kepada pelaku UMKM untuk tidak menaikkan harga produk berlipat ganda. Menurutnya, lebih baik untung sedikit tapi memberikan dampak keberlanjutan terhadap usaha mereka, dibandingkan mematok harga tinggi tapi hanya untung sekali.

"Biasanya kalau sudah perhelatan itu ada yang langsung mengambil kesempatan dalam kesempitan, ini tidak akan memanjang. Karena menurut saya yang terpenting adalah silaturahim, silaturahim memberikan panjang umur dan limpahan rejeki. Lebih baik kita untung sedikit tapi memanjang, daripada untung ngegetok tapi cuma sekali. Ini trik dan tips yang saya lakukan selama saya membangun usaha," kata Sandiaga.

Ketua Dewan Pembina Gemawira NTB, Nauvar Furqon Farinduan, optimistis perhelatan MotoGP akan memberikan manfaat bagi UMKM di NTB. Ia yakin bahwa kualitas dari produk-produk yang dihasilkan para pengrajinnya mampu go nasional bahkan internasional.

"Tentu harapannya, mudah-mudah produk UMKM kita ini, baik dari kuliner, kriya, dan lainnya turut serta bisa masuk di dalam ruang penyelenggaraan event MotoGP Mandalika 2022," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”