Seni Budaya Perteguh Kebhinekaan Masyarakat Berkehidupan Berbangsa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 11 Juni 2017 - 10:30 WIB

Menko PMK Puan Maharani (Foto Istimewa)
Menko PMK Puan Maharani (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menegaskan seni budaya merupakan instrumen dalam memperteguh kebhinnekaan masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bagi Indonesia, seni dan budaya merupakan salah satu pilar di dalam membangun kepribadian bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara," kata Puan saat membuka Pesta Kesenian Bali 2017 di Bali Art Center Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017)

Puan mengatakan Pesta Kesenian Bali merupakan wahana unjuk ekspresi, kreativitas, dan inovasi sekaligus prestasi dari para seniman Bali untuk ditampilkan kepada masyarakat Bali dan masyarakat dunia.

Dia mengemukakan keberagaman seni dan budaya yang ditampilkan dalam Pesta Kesenian Bali dapat memperkuat persatuan Indonesia dalam keberagaman suku bangsa.

Terlebih berbagai kesenian yang ditampilkan dalam Pesta Kesenian Bali 2017 turut menghadirkan kebudayaan daerah lain di Indonesia termasuk dari luar negeri.

 Puan berharap Pesta Kesenian Bali dapat menjadi jendela komunikasi antarbudaya, sekaligus membangun peradaban dunia yang berbudaya.

 "Dengan semangat cinta seni budaya, kita perteguh jiwa Bhinneka Tunggal Ika dalam berbangsa dan bernegara," kata Puan.

Puan berharap Pesta Kesenian Bali selain untuk memperteguh seni budaya Bali, juga bisa berdampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat Bali.

Pesta Kesenian Bali 2017 yang berlangsung sejak 10 Juni hingga 8 Juli ini merupakan yang ke-39 sejak dimulai pada 1979. Sebanyak 230 kesenian dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali dari 17.000 seniman akan ditampilkan dalam satu bulan penuh.

Daerah lain yang turut berpartisipasi dalam PKB 2017 ialah Nusa Tenggara Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kota Blitar, Bangkalan, dan Magelang. Sementara negara yang turut berkontribusi antara lain India, Jepang, Prancis, Timor Leste, dan Tunisia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…