Covid-19 Makin Meresahkan, Joe Biden Perpanjang Status Darurat Nasional di AS

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Februari 2022 - 18:00 WIB

Gedung Putih, Amerika Serikat (ist)
Gedung Putih, Amerika Serikat (ist)

INDUSTRY.co.id - Presiden Joe Biden pada Jumat (18/2/2022) mengatakan status keadaan darurat nasional Amerika Serikat yang diumumkan pada Maret 2020 karena pandemi Covid-19 akan diperpanjang melampaui 1 Maret karena risiko berkelanjutan terhadap kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh virus Corona.

Dilansir dari laman channelnewsasia, Biden mengatakan kematian lebih dari 900 ribu orang Amerika akibat Covid-19 menekankan perlunya menanggapi pandemi dengan "kapasitas penuh" pemerintah federal.

"Masih ada kebutuhan untuk melanjutkan keadaan darurat nasional ini," kata Biden dalam sebuah surat pada hari Jumat kepada ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden Senat.

Surat itu dirilis oleh Gedung Putih.

Status keadaan darurat akan secara otomatis dihentikan kecuali, dalam waktu 90 hari sebelum tanggal peringatan penetapan status tersebut, presiden mengirim pemberitahuan kepada Kongres tersebut akan berlanjut hingga melewati tanggal penetapan.

Sebelumnya, mantan Presiden Donald Trump telah mengumumkan keadaan darurat nasional hampir dua tahun lalu untuk mengucurkan dana sebesar $ 50 miliar atau setara Rp718 trilun dalam bentuk bantuan federal.

Langkah Biden untuk memperpanjang status keadaan darurat datang bahkan ketika banyak pemimpin lokal di Amerika Serikat mencabut aturan pembatasan Covid-19 ketika gelombang Omicron surut.

Sementara, Gubernur New York dan Massachusetts mengumumkan pada pekan lalu bahwa mereka akan mengakhiri aturan penggunaan masker di negara bagian mereka. Langkah serupa juga diterapkan oleh New Jersey, California, Connecticut, Delaware dan Oregon.

Para pejabat kesehatan Amerika Serikat mengatakan awal pekan ini mereka sedang mempersiapkan tahap pandemi selanjutnya saat kasus Omicron menurun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”