DBS Bakal Kucurkan Dana SGD100 Juta untuk Tingkatkan Kegiatan DBS Foundation

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 Februari 2022 - 09:14 WIB

DBS Chief Investment Office
DBS Chief Investment Office

INDUSTRY.co.id - Jakarta – DBS berencana mengucurkan tambahan dana sebesar SGD100 juta yang akan digunakan untuk meningkatkan kegiatan DBS Foundation dalam menumbuh kembangkan wirausaha sosial, serta berbagai upaya filantropi dan bantuan krisis.

Pada saat sama, DBS Foundation akan memperluas lingkup kerjanya. Itu berarti bahwa sejak sekarang, DBS Foundation akan meliputi:
 
- Cabang ‘Bisnis Berdampak Sosial’ (‘Businesses for Impact’), yang akan membantu memperluas upaya DBS Foundation dalam membantu wirausaha sosial/bisnis berdampak sosial untuk tumbuh dari tahap pencarian ide menjadi bisnis berkembang dan memberdayakan mereka untuk menangani masalah sosial dan lingkungan

- Cabang baru ‘Dampak Komunitas’ (‘Community Impact’) akan meningkatkan sumbangan bank kepada masyarakat melalui pemberian bantuan dana dan kegiatan sukarela di bidang pendidikan, lanjut usia, dan lingkungan

DBS Foundation telah memberikan lebih dari SGD10 juta dalam bentuk hibah kepada lebih dari 90 bisnis di kawasan dan membina 800 bisnis lain melalui program pengembangannya.
 
Di Indonesia sendiri, terdapat sebuah wirausaha sosial bernama Mycotech (MYCL) yang juga telah menerima dua kali dana hibah dari DBS Foundation.
 
Dana tambahan SGD100 juta itu tidak hanya memungkinkan bank dan DBS Foundation meningkatkan dukungan untuk bisnis berdampak sosial, tetapi juga berbuat lebih banyak untuk mengatasi masalah sosial, yang semakin mendesak, di kawasan tersebut.
 
"Dengan komitmen tambahan SGD100 juta, kami dapat meningkatkan upaya menciptakan kebaikan sosial dan membantu membuka jalan bagi dunia lebih adil," kata Piyush Gupta, Chief Executive Officer DBS Bank yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (17/2/2022).
 
Euleen Goh, Ketua DBS Foundation, mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, DBS Foundation membangun rekam jejak kuat dalam membantu wirausaha sosial untuk berkembang.

"Kami berharap dapat menciptakan dampak bersama lebih besar dengan tidak hanya memberdayakan bisnis berdampak sosial, tetapi juga bekerja dengan masyarakat luas, dengan fokus pada pendidikan, lansia, dan lingkungan," ungkapnya.
 
Selain mendukung perluasan lingkup DBS Foundation, dana tersebut juga dapat digunakan untuk mendukung prakarsa filantropi lain, di samping bantuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan selama masa sulit.

Pada saat pandemi mulai merebak pada 2020, DBS membentuk DBS Stronger Together Fund dengan dana 10,5 juta dolar Singapura dan menyediakan 4,5 juta paket makanan dan perawatan, serta peralatan medis, untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Saat upaya melawan Covid-19 berlangsung sengit pada 2021, DBS menyumbangkan 1.000 konsentrator oksigen ke Indonesia, dan tiga tabung oksigen kriogenik serta 300 konsentrator oksigen ke India.

DBS juga memiliki program sukarelawan aktif, dengan karyawan menyumbangkan 100.000 jam kerja sukarela dan menjangkau lebih dari 390.000 penerima manfaat pada 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…