Sempat Mati Suri Lima Bulan, Perum PPD Operasikan Kembali Trans Sarbagita Bali

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Februari 2022 - 11:20 WIB

Trans Sarbagita
Trans Sarbagita

INDUSTRY.co.id - Bali – Jasa angkutan umum bus Trans Sarbagita yang sempat mati suri selama 5 bulan, kini telah kembali beroperasi dan siap melayani penumpang di berbagai rute Trans Sarbagita. Adapun pemberhentian operasional bus terpaksa dilakukan akibat pandemi Covid -19 di Pulau Bali.  

Selama stop operasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali telah terlebih dahulu mengkaji dan mematangkan rencana pengoperasian dengan beberapa evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan serta fasilitas kendaraan. 

Adapun kini adanya pembaruan dalam hal transaksi,  Trans Sarbagita melayani pembayaran secara nontunai menggunakan aplikasi QRIS. Selain itu, pengoperasiannya tahun ini dipastikan tepat waktu (on time and on schedule) dengan selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Pemerintah Provinsi Bali mengadakan lelang untuk menentukan operator mana yang akan menjalankan Trans Sarbagita tahun ini. Perum PPD menjadi salah satu perusahaan yang mengikuti lelang tersebut dan dinyatakan menjadi pemenang lelang pada tanggal 17 Januari 2022. 

Dengan ditetapkannya Perum PPD sebagai operator Trans Sarbagita tahun 2022, Perum PPD akan memberikan pelayanan terbaiknya sehingga penumpang bisa merasakan keyamanan dan keamanan menggunakan transportasi publik.

Tidak hanya itu, penumpang akan dilayani dengan baik oleh seluruh awak pramudi Perum PPD yang sudah menjalankan diklat maupun pelatihan seputar Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan mengemudi. Oleh karena itu, Trans Sarbagita dengan tertib menaik turunkan penumpang hanya di titik-titik halte pemberhetian sepanjang koridor yang di operasikan.  

“Mari kita laksanakan pelayanan yang terbaik dan andal, sehingga masyarakat umum pengguna jasa Trans Sarbagita terlayani dengan baik dan merasakan manfaatnya,” ujar Komang Hartajaya Kepala UPT Transbali yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (10/2/2022).

Sebagai operator dalam pengoperasian Trans Sarbagita, Pande Putu Yasa Direktur Utama Perum PPD mengungkapkan adanya layanan Trans Sarbagita bagi masyarakat Bali. 

“Pengaktivasian layanan Trans Sarbagita per tanggal 2 Februari 2022, dengan fasilitas yang mumpuni, layanan ini bertarif Rp. 3.500,- untuk sekali keberangkatan namun gratis bagi mahasiswa maupun pelajar di Pulau Bali. Saya berharap adanya Trans Sarbagita kali ini dapat terus membangun jaringan angkutan umum di Pulau Bali lebih terintegrasi lagi serta membangkitkan perekonomian Bali melalui kemudahan dalam jangkauan pada sektor pariwisata.” katanya.

Trans Sarbagita adalah angkutan umum berjenis bus rapid transit (BRT) di Denpasar, Indonesia yang mulai beroperasi pada 18 Agustus 2011 dibuat untuk membangun kembalijaringan angkutan umum di Bali. Saat ini Trans Sarbagita melayani 2 koridor Trans Sarbagita yaitu Koridor 1 (Kota – Garuda Wisnu Kencana) dan Koridor 2 (Kota – Nusa Dua) dimana setiap koridor mengoperasikan 4 unit bus dan setiap unitnya melayani 4 ritase dengan jadwal yang sudah ditetapkan. 

Berikut Jam oprasional Trans Sarbagita:

Koridor 1 : Kota – Garuda Wisnu Kencana (Senin-Jumat: 06.30-20.30 WITA & Sabtu-Minggu dan Hari Libur: 07.00-20.00 WITA)

Koridor 2 : Kota – Nusa Dua (Senin-Jumat: 06.30-20.00 WITA & Sabtu-Minggu dan Hari Libur: 07.00-19.30 WITA)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gramedia Mempercayai Solusi Jaringan TP-Link Omada untuk Operasionalnya

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:13 WIB

Gramedia Mempercayai Solusi Jaringan TP-Link Omada untuk Operasionalnya

Di era digital ini, kelancaran operasional perusahaan menjadi sangat penting, dan salah satu faktor utamanya adalah ketersediaan perangkat keras internet yang handal. Perangkat jaringan untuk…

Runchise

Jumat, 10 Mei 2024 - 15:52 WIB

Runchise Raih Pendanaan Baru Sebesar US$1 Juta yang Dipimpin oleh East Ventures dan Genesia Ventures

Runchise, startup manajemen restoran dan waralaba kuliner mengumumkan pendanaan baru sebesar US$1 juta dari investor sebelumnya, yakni East Ventures dan Genesia Ventures. Dengan pendanaan baru…

Ilustrasi TaniFund

Jumat, 10 Mei 2024 - 14:56 WIB

Izin Usaha PT Tani Fund Madani Indonesia Dicabut OJK, Ini Alasanya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan pencabutan izin usaha PT Tani Fund Madani Indonesia (TaniFund) sebagaimana ditetapkan melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-19/D.0​6/2024…

OJK

Jumat, 10 Mei 2024 - 14:43 WIB

OJK dan MUI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dorong Penguatan Sektor Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyepakati sinergi dalam melaksanakan upaya pengembangan dan penguatan sektor jasa keuangan syariah di Indonesia.​

PT Pertamina Internasional EP (PIEP)

Jumat, 10 Mei 2024 - 14:25 WIB

PIEP Catatkan Kinerja Positif di Tahun Buku 2023

PT Pertamina Internasional EP (PIEP) mencatat produksi minyak dan gas bumi (migas) melebihi target, yang telah ditetapkan, sehingga diharapkan dapat memperkuat ketahanan energi nasional.