Lomba Komik Wayang Jaman Now, Mendekatkan Wayang ke Generasi Milenial

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Februari 2022 - 11:41 WIB

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Terlahir dengan nama Jabang Tetuka, Gatotkaca tumbuh dewasa dengan kesaktiannya yang digambarkan dengan sebutan Otot kawat, tulang besi. Tokoh Gatotkaca  mendapatkan kekuatan saat masih bayi. Sang Bayi akan dijadikan aduan oleh para dewa untuk melawan Prabu Kalapracona yang saat itu sedang menyerang Khayangan, tempat tinggal para dewa. Jabang Tetuka diceburkan ke kawah Candradimuka, bersamaan dengan itu diceburkan juga  berbagai senjata para Dewa untuk menambah kekuatan dalam tubuhnya.

Kesaktian Gatotkaca tidak hanya mampu terbang tanpa menggunakan sayap berkat rompi ikonisnya yang bernama Antakusuma namun juga memiliki kekuatan luar biasa berkat pusaka Aji Brajamusti yang tertanam di telapak tangan kanannya dan Aji Brajadenta yang berada di lengan kirinya. Ia adalah superhero pembela kebenaran.

 

Bila selama ini masyarakat mengenal Gatotkaca dan tokoh-tokoh pewayangan dari pagelaran wayang kulit atau sendratari wayang orang, kini ada cara untuk lebih mendekatkan wayang ke generasi milenial, salah satunya melalui lomba komik strip wayang. Peserta dibebaskan untuk mengkreasikan gambar tokoh pewayangan, selama tidak menyalahi pakem. Para Juri pun terkesan dengan kreativitas 96 peserta lomba komik strip Wayang Youth Festival, termasuk karya Skolastika Sacristie Angelic finalis termuda yang masih berusia 7 tahun.

Para juri lomba komik strip Wayang Youth Festival bukan nama baru di dunia komik, antara lain Ario Anindito, professional comic artist Marvel dam DC Comics; Oyasujiwo, Senior Editor Bumilangit Comic yang berpengalaman lebih dari 15 tahun di industri komik maupun animasi di Indonesia; Sweta Kartika, komikus asal kebumen lulusan S2 ITB; dan beberapa nama lainnya seperti Uniek Sampan Hismanto, Arie Dagienkz, Senthun Bhima N., Vanda Parengkuan, Didik Suryantoro dan Rudy AO.

Wayang Youth Festival Festival merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bekerja sama Sampan Bujana Sentra serta didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional, pada 7 November 2021 lalu.

Selain Lomba komik strip Wayang, juga ada Lomba Seni Drama Tari Wayang, dengan kategori Lomba Seni Drama Tari Wayang Tradisional dan Lomba Seni Drama Tari Wayang Kontemporer. Sejak dibuka tahun lalu, Wayang Youth Festival telah menghimpun sebanyak 25 kelompok dengan 431 peserta untuk lomba Seni Drama Tari Wayang. Sejumlah pakar tari drama dan wayangpun turut serta menjadi juri lomba Seni Drama Tari Wayang, antara lain Nanang Ruswandi, Irwan Riyadi, Ni Ketut Sukarni, serta kehadiran juri kehormatan yaitu Dr. Melina Surya Dewi, M. Si dan Cyrillus Harinowo.

Sebagai acara puncak, BCA bersama Sampan Bujana Sentra menghadirkan acara Malam Apresiasi Wayang Youth Festival 2021 #BerkaryaDiRumahSaja yang digelar secara virtual, pada Jumat (4/2). Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, EVP Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, dan Direktur Sampan Bujana Sentra Uniek Sampan Hismanto. Menter Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto turut memberikan sambutan.

 

Di malam apresiasi, pihak penyelenggara menyuguhkan drama tari wayang dari KSATRIA, pemenang kontes pencarian bakat dan dalang Danang Lawu Sulistiyono beserta karawitan siswa SMKI Surakarta yang menghadirkan pertunjukan wayang dikombinasikan dengan video animasi. Selain itu, ada live challenge komik strip dan dialog budaya dengan narasumber Direktur Nusantara Institute Sumanto Al Qurtuby, koreografer muda Bathara S. Dewandoro, dan jurnalis senior Eko B. Supriyanto.

“BCA akan terus membuktikan komitmen untuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia. Kami berupaya menjalankan program pelestarian wayang secara konsisten sebagai usaha untuk mempertahankan penetapan Wayang Indonesia sebagai warisan maha karya dunia oleh UNESCO. Melalui penyelenggaraan Wayang Youth Festival, kami harap generasi muda dapat lebih mengenal dan mengambil teladan dari nilai-nilai yang terkandung dari kesenian tersebut,” kata Jahja Setiaatmadja.

 

“Melalui kegiatan wayang youth festival ini masyarakat semakin mengenal dan terus mencintai budaya Indonesia, serta patut membanggakan budaya bangsa sendiri. Kami segenap keluarga besar Sampan Bujana Sentra (SBS) turut memberikan apresiasi bagi seluruh pemenang, serta peserta yang telah aktif berpartisipasi. Semoga dengan kehadiran kegiatan seperti ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk melestarikan wayang,” ujar Uniek.

BCA telah menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait wayang, di antaranya ‘Wayang for Student’, ‘Wayang Day’, hingga ‘Wayang Goes to Mall’. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 14.000 peserta dari berbagai kota pada periode 2012 hingga 2019.

“BCA mengapresiasi seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini, usaha dan karya kalian sungguh menginspirasi. Kami berharap melalui kompetisi ini kian membuka peluang bagi banyak pihak yang ingin berkontribusi membangun kelestarian kebudayaan di Indonesia melalui berbagai kanal,” tutup Inge.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”