Bos BI Ramal Perekonomian RI Bakal Membaik Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Februari 2022 - 10:50 WIB

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ist)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perekonomian dalam negeri pada tahun ini diproyeksikan akan membaik dan mengalami peningkatan dari 3,2-4 persen pada tahun lalu menjadi 4,7-5,5 persen pada tahun ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara seminar dan webinar Nasional "Outlook Ekonomi dan Bisnis 2022", di Solo, Jumat (4/2/2022). Acara ini diselenggarakan oleh Keluarga Besar Alumni (KBA) SMA N 3 Surakarta, Roemah Tiga.

Hadir pula Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid sebagai narasumber bersama pembicara lainnya, diantaranya Royke Tumilaar (Direktur BNI), Handi D. Irawan (CEO Frontier, Dewan Penasihat Roemah Tiga), John Kosasih (Direktur BCA), Teguh Purwanto (Direktur PT. Alere Health - Abbot), Kunta Wibawa (Sekjen Kemenkes, Dewan Penasihat Roemah Tiga), dan dimoderatori oleh Suwarmin, S.Sos, M.M (Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group).

Perry mengatakan, meski diperkirakan pada tahun ini pertumbuhan ekonomi dunia akan melambat menjadi 4,4 persen dari 5,4 persen pada tahun lalu, namun untuk harga komoditas diperkirakan akan tetap tinggi. 

Hal ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor.Selain itu, tambah dia, semua pihak diharapkan dapat ikut terlibat memperbaiki iklim investasi dalam negeri. Dengan demikian, produktivitas akan membaik.

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Presidensi Indonesia di B20 membawa keuntungan banyaknya peluang bisnis di 2022. 

Untuk meraih peluang ini terutama bagi UMKM, KADIN merekomendasikan perlunya reformasi dan transformasi ekonomi, pengelolaan investasi, perhitungan perpajakan, pengelolaan pelaksana kegiatan, dan ketenagakerjaan. 

"Melihat hal tersebut KADIN akan melakukan perlindungan dan pemberdayaan UMKM melalui pendampingan melekat dari perusahaan besar untuk UMKM," pungkas Arsyad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…

Pengurus Forjukafi/Jalasurga bertemu Waketum Golkar Bamsoet

Jumat, 24 Juni 2022 - 17:45 WIB

Bamsoet Dukung Forjukafi Gerakan Wakaf

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung keberadaan Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (Forjukafi).

PT Tunas Inti Abadi Raih Penghargaan CSR & PDB Awards 2022

Jumat, 24 Juni 2022 - 17:11 WIB

Berkat Konsistensi Bangun Kemandirian Desa Binaan, PT Tunas Inti Abadi Raih Penghargaan CSR & PDB Awards 2022

Diraihnya penghargaan ini merupakan bagian dari konsistensi TIA dalam membangun Kemandirian Desa Binaan di sekitar wilayah operasionalnya di Sebamban, Kalimantan Selatan yang diterjemahkan melalui…