Presiden Jokowi Apresiasi Program Revitalisasi Kawasan Budaya di Samosir

Oleh : Herry Barus | Kamis, 03 Februari 2022 - 11:42 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Samosir - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam melakukan revitalisasi Kampung Ulos Hutaraja Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Kawasan budaya tersebut terkenal sebagai pusat kerajinan tenun Ulos di Pulau Samosir yang selama ini dikenal sebagai salah satu desa wisata unggulan di Destinasi Pariwisata Super  Prioritas (DPSP) Danau Toba, di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Presiden Jokowi mengatakan dengan program penataan Kampung Hutaraja diharapkan konservasi budaya kerajinan kain Ulos di Samosir dapat direvitalisasi. Presiden Jokowi mengucapkan Terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah yang telah mendukung program revitalisasi yang dikerjakan Kementerian PUPR.

"Program revitalisasi ini dilakukan dengan sangat baik. Karena terakhir saya ke sini 2,5 tahun yang lalu, dibandingkan dengan kondisi saat ini, betul - betul kelihatan penataannya sangat baik sekali," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Penataan Kampung Ulos Hutaraja Kabupaten Samosir, Rabu (2/2/2022).

Dalam catatan humas PUPR Wibisino, turut hadir dalam peresmian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Anggota Komisi V DPR RI Jhoni Allen Marbun, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom.

Menurut Presiden, dengan adanya revitalisasi Kampung Ulos Hutaraja diharapkan konservasi terhadap warisan pusaka Suku Batak dapat dilakukan dengan baik. Dukungan infrastruktur pada setiap DPSP diharapkan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga meresmikan Kampung Ulos Huta Siallagan Kecamatan Simanindo di Kabupaten Samosir. Pekerjaan Penataan Kampung Ulos Hutaraja seluas 16.000 m2 dan Huta Siallagan seluas 11.000 m2 dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada 2021.

Penataan keduanya di antaranya meliputi revitalisasi atap rumah Bolon, pembangunan rumah baru, toilet umum, bangunan kios, Amphiteater, plaza, Jalan Lingkungan, Signage, IPAL Komunal, area parkir, dan Pusat Informasi. Biaya pembangunannya bersumber dari APBN dengan total sekitar Rp55,8 miliar.

Dirjen Ciptakan Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyampaikan proses revitalisasi rumah adat di Kampung Hutaraja dan Kampung Huta Siallagan yang merupakan cagar budaya melibatkan tukang-tukang lokal setempat sehingga sekaligus menjadi workshop/media latihan bagi masyarakat setempat untuk memelihara keberlanjutan tradisi dan keahlian yang unik ini serta mendapatkan upah kerja sehingga meningkatkan perekonomian saat Pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan adanya penataan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini salah satu program untuk mendukung DPSP Danau Toba," kata Dirjen Diana Kusumastuti.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala BPPW  Sumut Syafriel Tansier.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…