Pensieve Raih Pendanaan Pre-Seed Round dari Angel Investors yang Dipimpin oleh Pandu Sjahrir

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 14:12 WIB

Ilustrasi Startup
Ilustrasi Startup

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pensieve, startup yang bergerak di bidang pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI)/Deep Tech, mengumumkan pendanaan pre-seed round dari sekelompok angel investor yang berasal dari Indonesia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh investor Pandu Patria Sjahrir.  Putaran pendanaan ini didorong oleh pertumbuhan pendapatan dan fokus dalam membangun produk teknologi ke depannya.

Dalam waktu kurang dari setahun setelah didirikan, produk Pensieve telah digunakan oleh berbagai instansi dan organisasi. Pendapatan Pensieve pun diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2022 mendatang.

Didirikan pada tahun 2021 dengan Farina Situmorang sebagai Co-Founder & CEO Pensieve memiliki misi untuk memberdayakan berbagai organisasi dan perusahaan berskala besar agar mampu bertransformasi melalui software yang didukung oleh AI.

Sebagai CEO, Farina Situmorang percaya bahwa banyak organisasi yang masih belum dapat menggunakan data yang dimiliki secara optimal.

“Kami membangun platform operasional berbasis AI yang mampu menciptakan alur kerja dan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai organisasi berskala besar,” jelas Farina yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (21/1/2022).

Pensieve berencana menggunakan pendanaan tersebut untuk mempercepat pengembangan produk dan memperluas pasarnya di Asia Tenggara. Dalam waktu kurang dari satu tahun, Pensieve telah berkembang dengan tim di Indonesia, Singapura, dan India.

Menurut analisis terbaru oleh Kearney, AI dapat memiliki dampak keseluruhan yang signifikan: peningkatan 10 hingga 18 persen dalam PDB di seluruh Asia Tenggara pada tahun 2030, setara dengan sekitar USD1 triliun.

Data tersebut mengindikasikan bahwa pengembangan serta penyebaran AI berada pada titik tertinggi sepanjang masa dan Pensieve siap menjadi ujung tombak transformasi digital di Asia Tenggara.

Sebagai investor utama, Pandu Patria Sjahrir mengungkapkan rasa bangganya karena dapat turut berinvestasi dalam membangun salah satu perusahaan deep tech di sektor AI dan analitik pertama di Indonesia.

“Pensieve memiliki landasan yang sangat kuat dan saya merasa sangat beruntung bersama dengan rekan-rekan angel investor lainnya dapat berpartisipasi dalam angel round ini,” ujar Pandu.

Pandu juga mengucapkan selamat kepada para pendiri Pensieve dan para stakeholder lainnya yang telah bekerja keras untuk terus mengembangkan perusahaan tersebut.

"Saya sangat berharap Pensieve bisa menjadi perusahaan yang semakin banyak berkontribusi kepada negara dan mampu menjadi perusahaan besar yang bisa ekspansi di Asia Tenggara," imbuhnya.

Pensieve percaya bahwa ada peluang yang besar di Asia Tenggara. “Kami percaya bahwa dengan lebih banyak dukungan untuk pertumbuhan Pensieve, kami dapat membantu organisasi-organisasi di Asia Tenggara yang menghadapi masalah yang sama dan membutuhkan use cases yang serupa dengan yang telah kami lihat di Indonesia,” tambah Farina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Jumat, 27 Mei 2022 - 04:00 WIB

PUSKOPAL Korps Marinir Raih Predikat Terbaik Tertib Administrasi

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan penghargaan berupa piagam Prestasi Predikat Terbaik Ke 2 tertib administrasi kepada Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal)…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…