Insentif PPN Properti Bakal Bikin Ratusan UMKM Ketiban Durian Runtuh

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Januari 2022 - 14:00 WIB

Ilustrasi perumahan
Ilustrasi perumahan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida mengatakan kebijakan insentif pajak (Pajak Pertambahan Nilai/ PPN) di sektor properti akan memberikan multiplier effect (efek berganda) kepada ratusan industri dan sekitar 350 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kenapa terkait semua? Karena dari mulai beli keset dan sapu pasti akan membeli produk dari UMKM. Tidak mungkin dari industri," katanya sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, setiap kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi oleh industri seperti perkakas alat kebersihan dapat diakomodasi oleh sejumlah UMKM untuk menyediakan produk tersebut.

Insentif pajak properti juga akan memberikan dampak kepada 174 pelaku industri lainnya. Salah satu sektor yang paling terdampak secara signifikan adalah industri semen dalam negeri.

“Sebanyak 70 persen beban semen nasional di Indonesia untuk properti,” ungkapnya, dikutip Antara.

Adanya insentif pajak properti ini dianggap dapat menggelorakan kembali industri-industri lain mengingat sektor properti memiliki banyak keterkaitan dengan sektor lainnya.

Masyarakat disebut pula terdampak positif dari kebijakan insentif pajak properti karena adanya insentif ini mempengaruhi harga rumah.

Jika dihitung secara mendalam, lanjut Totok, PPN yang berjumlah 10 persen akan sangat dirasakan lebih murah bagi masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah.

"Kalau dihitung KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dengan insentif 10 persen sangat dirasakan oleh masyarakat," ujar dia.

Totok optimis, kebijakan yang telah diterbitkan pemerintah akan memulihkan kembali sektor properti seperti sediakala setelah terdampak pandemi COVID-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…

Pergantian Komisaris Independen SUCOFINDO- Zainal Abidin

Kamis, 26 Mei 2022 - 00:02 WIB

Zainal Abidin Diangkat Jadi Komisaris Independen Sucofindo

Jakarta– Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT SUCOFINDO mengambil keputusan untuk mengangkat Zainal Abidin sebagai Komisaris Independen PT SUCOFINDO menggantikan Achmad Sudrajat,…