Strategi SMKL Tingkatkan Pertumbuhan Double Digit di 2022

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 Januari 2022 - 11:43 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“SMKL”),
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“SMKL”),

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“SMKL”), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, menyediakan total packaging solutions integrated with logistics sebagai strateginya dalam mencapai target pertumbuhan pada tahun 2022 sebesar 15%.

Solusi ini merupakan terobosan SMKL untuk terus meningkatkan penjualan dan memenuhi kebutuhan pelanggan atas berbagai macam bentuk, warna, dan ukuran packaging. SMKL dapat memberikan solusi packaging yang lengkap ditunjang oleh 170 truck yang dimiliki sendiri yang siap mengantarkan pesanan pelanggan tepat waktu, serta gudang-gudang yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu Tigaraksa, Cikarang, dan Surabaya.

Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL, mengatakan, “SMKL sebagai Perusahaan yang sudah berpengalaman dalam industri kemasan, akan terus berinovasi dalam memberikan produk-produk dan layanan yang terbaik untuk para pelanggan kami. SMKL akan terus fokus dalam menyediakan total packaging solutions integrated with logistics untuk para pelanggan kami, mulai dari menawarkan kemasan secara customize, menyediakan warehouse, sampai pengiriman terintegrasi dengan menggunakan SKL Express. Melalui solusi-solusi yang ditawarkan ini diharapkan kami dapat terus meraih kinerja yang lebih baik.”

Solusi logistik SMKL juga terus mengikuti perkembangan digitalisasi dengan sudah menerapkan pengiriman yang dapat dilacak secara real time, di mana setiap truck sudah terpasang sistem GPS (Global Positioning System) tracking. Adanya solusi logistik ini tentu dapat mempermudah para pelanggan mulai dari pemesanan, proses produksi, hingga waktu pengiriman yang sudah dijadwalkan secara terintegrasi.

Para pelanggan SMKL juga tidak perlu khawatir terkait penyimpanan gudang untuk kemasan mereka. Hal ini karena SMKL memiliki beberapa warehouse yang terintegrasi dengan pengiriman yang sesuai dengan pesanan. Herryanto menjelaskan, “Saat ini warehouse kami sudah ada di beberapa wilayah yang mana ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan agar dapat terkirim tepat waktu sesuai dengan kebutuhan mereka. Total packaging solutions integrated with logistics ini yang membedakan SMKL dengan perusahaan kemasan lainnya. Kami sadar bahwa kedepannya bisnis ini akan semakin baik prospeknya dengan terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan kami.”

 

SMKL tidak hanya fokus pada kualitas produk dan layanan saja, melainkan juga memperhatikan bisnis berkelanjutan. SMKL telah memiliki sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) karena telah memenuhi standar ketentuan bahwa produk yang digunakan berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi. Menyambut era pajak karbon, SMKL juga sedang mempersiapkan rencana untuk memasang solar panel.

Kedepannya dengan adanya strategi-strategi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi pertumbuhan yang lebih baik bagi SMKL termasuk untuk mencapai target penjualan pada tahun 2022 ini. Adapun hingga Kuartal III-2021 SMKL berhasil meraih pertumbuhan penjualan sebesar 22% YoY, melalui kontribusi penjualan yang berasal dari segmen Carton Box sebesar Rp872,6 miliar, Offset Printing sebesar Rp355 miliar, Pre-print sebesar Rp232,8 miliar, dan Rigid Box sebesar Rp73,9 miliar. “SMKL akan terus mencari peluang bisnis dan terus berinovasi. Seiring dengan kondisi pandemi dan perekonomian yang mulai membaik, diharapkan SMKL dapat mencapai target untuk terus meningkatkan kinerja kami,” tutup Herryanto.

Tentang PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“SMKL”) adalah emiten yang bergerak di bidang pengemasan yang berfokus pada kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat. Perusahaan pertama kali mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia pada 11 Juli 2019 dengan kode saham SMKL.

Melalui kegiatan usahanya, SMKL mempunyai misi untuk pemimpin dalam industri pengemasan Indonesia dengan menjunjung nilai-nilai

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:35 WIB

Berakhir 31 Mei 2022, Menperin Agus: Pengusaha Dapat Ajukan Dana Pembiayaan Migor Curah ke BPDPKS

Dalam rangka penyediaan minyak goreng (migor) curah dan optimalisasi pendistribusiannya untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil, pemerintah mengubah aturan penyediaan minyak…