Dibekali CVT Baru, New Mitsubishi Xpander Makin Bertenaga

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Januari 2022 - 08:25 WIB

New Mitsubishi Xpander
New Mitsubishi Xpander

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mitsubishi Xpander facelift resmi diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Senin, 8 November 2021.

Walaupun sekadar facelift, ubahan yang diberikan Mitsubishi kepada Xpander terbilang cukup niat. Penyegarannya ini mencakup desain eksterior, interior, hingga transmisi.

Mitsubishi New Xpander telah dilengkapi dengan transmisi CVT baru. Transmisi itu hadir dengan berbagai kelebihan yang membuat Mitsubishi New Xpander jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Berbagai kelebihan yang ditawarkan dari transmisi CVT dari Mitsubishi New Xpander seperti perpindahan transmisi yang lebih baik, pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi.

Transmisi CVT yang ada di Mitsubishi New Xpander bahkan bisa memberikan kemampuan menanjak yang lebih baik terutama berkat dipasangnya fitur control traksi. 

Pereli nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar, mengatakan CVT menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Sebab, penggunaan transmisi CVT akan meminimalisir friksi yang terjadi.

"Dengan friksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," ujar Rifat.

"Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM, di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada," tambahnya.

Dikatakan Rifat, transmisi baru di New Xpander berbeda dengan transmisi CVT Xpander generasi sebelumnya. Menurutnya, transmisi yang sekarang mebuat tenaga mesin lebih mengisi berkat adanya fitur kontrol traksi.

"Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di rpm tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," ucap Rifat.

Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Motors, ada beberapa keuntungan menggunakan transmisi CVT. Pertama, saat berpindah gigi tarikannya sangat halus bahkan tidak terasa.

Kemudian, transmisi CVT bisa memberikan daya engine brake yang lebih besar, tanpa harus shifting atau menurunkan gigi, termasuk pada saat jalanan menanjak.

Tak cuma itu, keunggulan dari CVT adalah kecilnya power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebihan karena RPM lebih stabil. 

Penggunaan transmisi CVT diklaim memberikan keuntungan lebih hemat bahan bakar. Tapi, soal hemat bahan bakar kembali lagi pada gaya berkendara masing-masing orang dan kondisi jalannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:30 WIB

Menteri PUPR Basuki : Nilai - Nilai Pelatihan Bela Negara Implementasikan Dalam Tugas Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara Batch 1 bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun…

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…