Dibekali CVT Baru, New Mitsubishi Xpander Makin Bertenaga

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Januari 2022 - 08:25 WIB

New Mitsubishi Xpander
New Mitsubishi Xpander

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mitsubishi Xpander facelift resmi diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Senin, 8 November 2021.

Walaupun sekadar facelift, ubahan yang diberikan Mitsubishi kepada Xpander terbilang cukup niat. Penyegarannya ini mencakup desain eksterior, interior, hingga transmisi.

Mitsubishi New Xpander telah dilengkapi dengan transmisi CVT baru. Transmisi itu hadir dengan berbagai kelebihan yang membuat Mitsubishi New Xpander jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Berbagai kelebihan yang ditawarkan dari transmisi CVT dari Mitsubishi New Xpander seperti perpindahan transmisi yang lebih baik, pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi.

Transmisi CVT yang ada di Mitsubishi New Xpander bahkan bisa memberikan kemampuan menanjak yang lebih baik terutama berkat dipasangnya fitur control traksi. 

Pereli nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar, mengatakan CVT menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Sebab, penggunaan transmisi CVT akan meminimalisir friksi yang terjadi.

"Dengan friksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," ujar Rifat.

"Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM, di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada," tambahnya.

Dikatakan Rifat, transmisi baru di New Xpander berbeda dengan transmisi CVT Xpander generasi sebelumnya. Menurutnya, transmisi yang sekarang mebuat tenaga mesin lebih mengisi berkat adanya fitur kontrol traksi.

"Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di rpm tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," ucap Rifat.

Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Motors, ada beberapa keuntungan menggunakan transmisi CVT. Pertama, saat berpindah gigi tarikannya sangat halus bahkan tidak terasa.

Kemudian, transmisi CVT bisa memberikan daya engine brake yang lebih besar, tanpa harus shifting atau menurunkan gigi, termasuk pada saat jalanan menanjak.

Tak cuma itu, keunggulan dari CVT adalah kecilnya power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebihan karena RPM lebih stabil. 

Penggunaan transmisi CVT diklaim memberikan keuntungan lebih hemat bahan bakar. Tapi, soal hemat bahan bakar kembali lagi pada gaya berkendara masing-masing orang dan kondisi jalannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…