Ini Sekolah dan Tenaga Pendidik Pemenang Acer Smart School Awards 2021

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 Januari 2022 - 06:12 WIB

Para pemenang Acer Smart School Awards 2021
Para pemenang Acer Smart School Awards 2021

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Penghargaan berskala nasional Acer Smart School Awards 2021 hari ini mengumumkan para pemenang, yang diberikan kepada sekolah dan tenaga pendidik yang berhasil menerapkan dan menjadi inspirasi transformasi digital di dunia pendidikan.

Para pemenang dinilai telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama untuk masing-masing kategori mulai dari kategori “School of The Year”, “Kepala Sekolah Inspiratif”, dan “Guru Kreatif” . Pada kesempatan tersebut, Acer juga memberikan penghargaan Special Mention kepada sekolah SMP Negeri Buti, Merauke dan SMP Kristen Kalam Kudus, Solo, yang telah berani melakukan terobosan teknologi untuk menjadi sekolah yang lebih baik.

“Acer berkomitmen untuk menjadi enabler bagi dunia pendidikan untuk dapat mengimplementasikan teknologi dalam proses belajar termasuk mendukung integrasi teknologi dalam interaksi antara guru, siswa, dan orangtua. Melalui Acer Smart School Awards 2021, kami yakin masing-masing pihak akan mendapatkan manfaat positif untuk mendorong metode pembelajaran yang lebih baik di sekolahnya masing-masing,” ujar Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada semua stakeholder di dunia pendidikan yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021. Kami berharap program apresiasi dan pelatihan yang diberikan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi dunia pendidikan Indonesia agar semakin siap menghadapi era edukasi 5.0 melalui transformasi pembelajaran digital," tambah Herbet.

Sebanyak 2.165 sekolah dari sejumlah daerah di Indonesia telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Acer juga memberikan pelatihan dan pendampingan khusus selama kompetisi berlangsung, termasuk menghadirkan para juri yang memiliki latar belakang dan keahlian di bidang pendidikan.

Dewan Juri Acer Smart School Awards 2021 yang diketuai Prof. Dr. Ir. Ricardus Eko Indrajit, menilai para pemenang telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama yakni memiliki nilai e-leadership, menjadikan teknologi sebagai sumber daya pembelajaran yang mendukung tujuan kurikulum, peran sekolah dalam hal keselamatan dan keamanan siswa, kesiapan SDM, keterlibatan orang tua, proses evaluasi dan pengembangan kemampuan TIK siswa, hingga pandangan sekolah yang luas dan terkoordinasi dalam penggunaan teknologi di sekolah.

Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 juga merupakan bentuk partisipasi Acer dalam mendukung program Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar. Program ini dibuat salah satunya agar sumber ilmu yang dilihat bukan sebatas pada ruang kelas saja, tetapi bisa di luar kelas, seperti online learning, internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar.

“Penghargaan Acer Smart School Award 2021 dapat menjadi contoh program empowerment bagi seluruh sekolah dan para tenaga pendidik di Indonesia untuk senantiasa memberikan pendidikan berkualitas melalui berbagai macam terobosan dan inovasi teknologi. Saya percaya bahwa transformasi digital dalam dunia pendidikan Indonesia adalah inovasi yang dapat memberikan makna dan tujuan bersama, yaitu pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Dr. Jumeri S.TP., M.Si., Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbudristek.

Pemenang Acer Smart School Awards 2021

Acer Smart School Awards 2021 diberikan kepada 14 sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia, dalam lingkup SD, SMP, SMA, dan SMK. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah seperti kelas percontohan digital, laptop, dan uang tunai dengan total hadiah senilai lebih dari Rp500 juta.

Berikut daftar lengkap penerima Acer Smart School Awards 2021:

Smart School of The Year

SD Ar Rafi, Bandung

SMP Kusuma Bangsa, Palembang

SMA PGRI Plus, Cibinong

SMK Telkom, Bandung

Kepala Sekolah Inspiratif

Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. - SD Muhammadiyah, Sapen Yogyakarta

Antoni - SMP Darma Yudha, Pekanbaru

Dony Fikri Akbar, S.Kom. - SMA Kusuma Bangsa, Palembang

Tintin Hermawati - SMK Al Wafa, Bandung

Guru Kreatif

Nara Uma Annisa S.Pd. - SD Nasima, Semarang

Lievyana Fiorentine Tulangow, S. Farm. - SMP Manado Independent School, Kalawat Minahasa Utara

Fajar Indra Kurniawan, M.Kom. - SMAN Mojoagung, Jombang

Sulistyono, S.Kom. - SMKN 5, Bandar Lampung

Acer Special Mention

Pascalis Tethool - SMP Negeri Buti, Merauke

Felixtian Teknowijoyo - SMP Kristen Kalam Kudus, Solo

Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 didukung oleh Kemendikbudristek, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia.

Acer Smart School Awards 2021 telah menjadi wadah pembinaan sekolah-sekolah yang ingin melakukan transformasi digital. Melalui rangkaian aktivitas panjang mulai dari pendaftaran, self-assessment, pembekalan dari para mentor berpengalaman sampai dengan periode pendampingan dan implementasi transformasi, diharapkan akan tercipta sekolah-sekolah tangguh yang siap menghadapi masa depan dunia pendidikan yang lebih canggih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.