Sinergi Bank Banten dan FSPP, Menuju Kemandirian Ekonomi 4.579 Pesantren di Banten

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Januari 2022 - 15:14 WIB

 Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin Bersama Pengurus FSPP
Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin Bersama Pengurus FSPP

INDUSTRY.co.id - Lebak - Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, melaksanakan Rapat Kerja (Raker) ke-III pada Rabu (12/1/2021). Kegiatan ini mengangkat tema Spirit Silaturahmi dan Pemberdayaan FSPP Bagai Mata Air Kebaikan. Adapun lokasi perhelatan Raker III FSPP Banten yakni di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mizan 1 Putra, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Hadir pada Raker III FSPP Banten tersebut, Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. Ia menuturkan bahwa pondok pesantren memiliki potensi yang sangat besar di Banten. Saat ini Provinsi Banten memiliki 4.579 pondok pesantren dan lebih dari 193 ribu orang santri yang tersebar di seluruh Banten. 

“Pondok Pesantren memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu kami di Bank Banten siap mendukung berbagai inisiatif yang dilakukan oleh para santri khususnya di 5 sektor antara lain Agrikultur, Teknologi, Maritim, Digital dan Kreatif. Melalui sinergi ini, diharapkan dapat membantu hadirnya santri berwawasan entrepreneur (santripreneur) yang berfokus pada 5 pilar tersebut,” tutur Agus.

Selain itu, Agus juga memaparkan pentingnya peran pesantren dalam Ekosistem Ekonomi Daerah Banten kedepan. “Dengan 193 ribu santri dari 4.579 pesantren ada berbagai dimensi ekonomi yang dapat kita olah bersama-sama demi kemajuan Banten," katanya.

:Kami siap bermitra dengan seluruh pesantren untuk melakukan berbagai aksi strategis pesantren. Mulai dari capacity building di bidang kewirausahaan, mentoring, dukungan permodalan, pengelolaan pembayaran pesantren, dan berbagai hal lain," imbuh Agus.

Kemandirian pesantren sendiri telah menjadi perhatian semua pihak. Menteri Agama (Menag) RI H Yaqut Cholil Qoumas menargetkan, pada 2024 akan ada 5.000 pesantren yang bisa mandiri secara ekonomi.

Kemandirian pesantren merupakan program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk melakukan pemberdayaan seluruh pesantren di Indonesia.  Permodalan dan pendampingan kepada pesantren, dari produksi hingga manajemen pemasaran produk pun telah diberikan. 

Sementara itu secara terpisah, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, mengatakan 44 persen dari 34.652 pesantren di Indonesia memiliki potensi ekonomi. Artinya, sekitar 15.246 pesantren yang memiliki potensi menghasilkan ekonomi untuk lingkungan sekitar. 

Ma'ruf menjelaskan potensi ekonomi yang dimaksud, antara lain potensi pengembangan koperasi UMKM dan ekonomi syariah, agribisnis, peternakan, perkebunan, serta vokasional.  

Mengutip Databoks, pesantren yang memiliki potensi ekonomi di bidang koperasi, UKM, dan ekonomi Syariah menjadi yang terbanyak, yaitu ada 1.845 pesantren. Selanjutnya, sebanyak 1.479 pesantren memiliki potensi di bidang agribisnis.

Kemudian, terdapat 1.141 pesantren yang berpotensi di bidang perkebunan. Ada pula 1.053 pesantren yang memiliki potensi di bidang peternakan dan 797 pesantren di bidang olahraga. Potensi ekonomi pesantren di bidang vokasional dilakukan oleh 112 pesantren, di bidang maritim dimiliki oleh 318 pesantren dan bidang pusat kesehatan dijalankan oleh sebanyak 349 pesantren.

Sinergi antara Bank Banten dan Pondok Pesantren diharap dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi Pemerintah, masyarakat serta segenap pihak yang terlibat. Bank Banten kini tengah melakukan berbagai diversifikasi layanan untuk menjawab tantangan yang ada.  Peningkatan layanan serta pembaharuan produk juga menjadi prioritas Bank Banten.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Microsoft (foto Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:15 WIB

Microsoft Rilis Hasil Penelitian dan Teknologi Baru untuk Mendukung Kerja Hybrid di Indonesia

Microsoft Corp. telah merilis laporan Work Trend Index tahunan keduanya, bertajuk “Great Expectations: Making Hybrid Work Work.” Laporan tersebut memberikan insights agar dapat mengakomodasi…

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.