Bunda, Simak Ya! Ini Beberapa Pilihan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 14 Januari 2022 - 22:48 WIB

Asupan harian setidaknya harus mengandung delapan gelas cairan dan makanan yang kaya kandungan air
Asupan harian setidaknya harus mengandung delapan gelas cairan dan makanan yang kaya kandungan air

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Dehidrasi adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering. Kondisi ini terjadi karena kulit mengandung sekitar 30 persen air, yang berkontribusi pada kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu kulit tampak sehat.

Nutritionist, Member of the Dietetic Advisory Board and Outer Nutrition Advisory Board, Herbalife Nutrition Aria Novitasari mengatakan ada banyak cara untuk memastikan kulit dapat terhidrasi dengan baik, seperti menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit dan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan kulit. “Jika kulit terlihat kering, bersisik, atau teriritasi, mungkin sudah waktunya untuk memperhatikan hidrasi dan kebiasaan makan Anda,” kata Aria.

Setiap hari, pastikan minum setidaknya 8 gelas cairan, tentunya meliputi air mineral dan minuman lain seperti teh, susu, dan kopi. Kesehatan kulit juga akan terjaga jika pola konsumsi makanan didominasi oleh makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E.

Ingin tahu harus mulai dari mana? Berikut daftar makanan kaya akan kandungan air yang bisa dicoba sebagai pendamping cairan yang diperlukan tubuh:

1.      Semangka

Semangka merupakan buah yang kandungan airnya tinggi (lebih dari 90 persen) dan mengandung mineral dan fitokimia seperti likopen, vitamin C, dan beta karoten – yang semuanya dapat mendukung kesehatan kulit. Faktanya, dibandingkan dengan tomat, stroberi, atau jambu biji, semangka menawarkan jumlah antioksidan yang baik. Anda dapat menikmati semangka sepanjang tahun sebagai camilan atau mencampurnya dengan bahan lain untuk smoothie yang lezat dan menyegarkan.

2.      Jeruk

Jeruk memiliki berbagai bermacam rasa, seperti manis atau asam, dan juga memiliki tekstur yang unik. Jeruk sangat baik jika selalu ada di dalam daftar belanjaan, untuk persediaan buah di rumah. Seperti semangka, mereka mengandung banyak air (80-89 persen) serta vitamin C. Jeruk bisa dibawa kemana saja dan bahkan dikupas tanpa pisau.

3.      Sayuran

Orang tua kita sering menyuruh kita untuk makan sayuran, tapi perlu diketahui bahwa sayuran juga berkontribusi pada kesehatan kulit kita. Sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi, seperti bayam (90-99 persen) serta wortel dan brokoli (80-89 persen). Cobalah untuk selalu memasukkan sayuran ke dalam makanan sehari-hari Anda.

4.      Yogurt

Selain dapat membantu kesehatan pencernaan, yogurt juga berkontribusi pada asupan cairan. Karena satu porsi yogurt mengandung sekitar 80-89 persen air.

5.      Acar

Acar biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan dan sebagai penambah rasa. Tahukah Anda bahwa acar juga berkontribusi pada kandungan air keseluruhan makanan? Acar mengandung lebih dari 90 persen air. Volume ini berasal dari proses fermentasi yang sering kali mencakup penambahan bentuk cair dan bumbu lain untuk membantu mempertahankan atau meningkatkan kadar airnya.

6.      Salad buah dan sayuran

Memulai kebiasaan baru, seperti menyajikan salad sebagai makanan pembuka sebelum hidangan utama. Anda bisa mencoba salad buah, salad sayuran, atau kombinasi keduanya. Selain meningkatkan nafsu makan, salad yang mengandung buah dan sayuran segar juga berkontribusi pada asupan cairan. Faktanya, selada, yang biasa digunakan dalam salad, mengandung lebih dari 90 persen air.

7.      Sup

Sup adalah makanan pembuka lain yang bisa ditambahkan ke makanan. Semangkuk sup hangat sebelum makan malam dapat membantu meringankan sistem pencernaan, sehingga siap menerima hidangan utama.

8.      Smoothie atau Protein Shake

Shake adalah cara yang bagus dan nyaman untuk meningkatkan asupan cairan. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera anda, jika buah favorit Anda tidak ada dalam daftar ini, Anda dapat mencampur bahan sendiri dan bahkan menambahkan bubuk protein. Banyak buah-buahan yang tidak hanya tinggi kandungan airnya, tetapi juga menyediakan serat. Jika belum pernah melakukannya, cobalah buah tropis yang eksotis setidaknya sekali. Durian adalah buah favorit lokal di Asia Tenggara dan menyediakan vitamin C, B dan banyak potasium.

Herbalife Nutrition adalah perusahaan global yang telah mengubah kehidupan masyarakat dengan produk nutrisi dan peluang bisnis yang terbukti bagi distributor independennya sejak tahun 1980.

Perusahaan menawarkan produk berkualitas tinggi yang didukung oleh ilmu pengetahuan, dijual di lebih dari 90 negara oleh distributor sekaligus wirausaha yang juga menyediakan pendampingan pada komunitas serta menginspirasi pelanggan mereka untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dan lebih aktif. Melalui kampanye global Perusahaan untuk memberantas kelaparan, Herbalife Nutrition juga berkomitmen untuk menghadirkan nutrisi dan pendidikan kepada masyarakat di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 17 Januari 2022 - 07:00 WIB

Transformasi Industri Gula, Ini Hasil Rumusan National Sugar Summit

Kesenjangan antara kebutuhan dan produksi gula masih cukup lebar, walaupun Pemerintah telah berupaya mendorong pelaku usaha gula untuk meningkatkan produksi. Upaya untuk meningkatkan produksi…

DankormarMayjen (Mar) Suhartono

Senin, 17 Januari 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Hadiri Peresmian Monumen TNI AL di Madiun

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menghadiri peresmian tiga Monumen Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Senin, 17 Januari 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 126/KC membantu masyarakat perbatasan di Kampung Kalilapar 1 Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, dalam rangka mengurangi angka penyebaran penyakit malaria. Upaya tersebut,…

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat

Senin, 17 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat kepada Generasi Muda

Banyaknya warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh organisasi UNESCO membuat rakyat Indonesia patut merasa bangga, salah satunya warisan budaya bela diri Pencak Silat.

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Senin, 17 Januari 2022 - 04:05 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Pesantren Al-Istiqomah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di Papua tepatnya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Besarnya lingkungan pesantren membuat banyak lahan kosong yang…