Uganda Akhiri Lockdown Terlama di Dunia, Sekolah Tatap Muka dimulai

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Januari 2022 - 12:30 WIB

Ilustrasi Anak Sekolah di Uganda (Foto: www.santegidio.org)
Ilustrasi Anak Sekolah di Uganda (Foto: www.santegidio.org)

INDUSTRY.co.id - Sekolah-sekolah di Uganda dibuka kembali untuk siswa pada Senin (10/1/2022), mengakhiri penutupan sekolah terpanjang di dunia akibat pandemi Covid-19. Diketahui, Uganda menjadi negara terlama yang me-lockdown (menutup) wilayah semenjak awal pandemi berlangsung. 

Pembukaan kembali menyebabkan kemacetan lalu lintas di beberapa daerah di ibukota, Kampala, dan siswa terlihat membawa tas mereka di jalan-jalan, fenomena sekolah back-to-boarding yang tidak disaksikan di sini selama hampir dua tahun.

Sekolah-sekolah Uganda telah ditutup sepenuhnya atau sebagian selama lebih dari 83 minggu. Ini menjadi penutupan terpanjang di dunia, menurut angka dari badan kebudayaan PBB. Penutupan itu mempengaruhi lebih dari 10 juta pelajar.

Negara Afrika Timur berpenduduk 44 juta orang itu pertama kali menutup sekolah-sekolahnya pada Maret 2020, tak lama setelah kasus Covid-19 pertama dikonfirmasi di benua Afrika.

Beberapa kelas dibuka kembali untuk siswa pada Februari 2021, tetapi penguncian total diberlakukan lagi pada bulan Juni karena negara itu menghadapi lonjakan besar pertamanya.

Bagi banyak orang tua, pembukaan kembali sudah lama tertunda.

"Mau tidak mau, kita harus membuka sekolah. Masa depan anak-anak kita, masa depan bangsa kita, dipertaruhkan," kata Felix Okot, ayah dari seorang anak TK berusia 6 tahun seperti dikutip dari laman ChannelNewsAsia, Rabu (12/1/2022).

"Sekolah-sekolah di negara itu tidak bisa menunggu selamanya untuk akhir pandemi," jelasnya.

Dalam seminggu terakhir, otoritas kesehatan telah melaporkan tingkat positif harian lebih dari 10 persen, naik dari hampir nol pada bulan Desember. 

Presiden Uganda Yoweri Museveni telah memperingatkan kemungkinan penguncian baru jika unit perawatan intensif mencapai 50 persen hunian.

Berharap untuk kelancaran kembali ke sekolah, pihak berwenang mengesampingkan persyaratan tes Covid-19 untuk siswa. Kurikulum singkat juga telah disetujui di bawah pengaturan untuk secara otomatis mempromosikan semua siswa ke kelas berikutnya.

Uganda telah menerima dukungan terhadap pembukaan kembali sekolah.

Badan anak-anak PBB dan pemerintah Inggris dan Irlandia mengumumkan dukungan keuangan yang berfokus pada pengawasan virus dan kesehatan mental siswa dan guru di 40 ribu sekolah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:35 WIB

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba Berkualitas

Menghadapi moment Idul Adha 2022 ini, Dompet Dhuafa Jawa Tengah telah menyiapkan 1.713 domba berkualitas untuk Program Tebar Hewan Kurban hal ini dijabarkan pada saat Konferensi Pers Kamis,…