Uganda Akhiri Lockdown Terlama di Dunia, Sekolah Tatap Muka dimulai

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Januari 2022 - 12:30 WIB

Ilustrasi Anak Sekolah di Uganda (Foto: www.santegidio.org)
Ilustrasi Anak Sekolah di Uganda (Foto: www.santegidio.org)

INDUSTRY.co.id - Sekolah-sekolah di Uganda dibuka kembali untuk siswa pada Senin (10/1/2022), mengakhiri penutupan sekolah terpanjang di dunia akibat pandemi Covid-19. Diketahui, Uganda menjadi negara terlama yang me-lockdown (menutup) wilayah semenjak awal pandemi berlangsung. 

Pembukaan kembali menyebabkan kemacetan lalu lintas di beberapa daerah di ibukota, Kampala, dan siswa terlihat membawa tas mereka di jalan-jalan, fenomena sekolah back-to-boarding yang tidak disaksikan di sini selama hampir dua tahun.

Sekolah-sekolah Uganda telah ditutup sepenuhnya atau sebagian selama lebih dari 83 minggu. Ini menjadi penutupan terpanjang di dunia, menurut angka dari badan kebudayaan PBB. Penutupan itu mempengaruhi lebih dari 10 juta pelajar.

Negara Afrika Timur berpenduduk 44 juta orang itu pertama kali menutup sekolah-sekolahnya pada Maret 2020, tak lama setelah kasus Covid-19 pertama dikonfirmasi di benua Afrika.

Beberapa kelas dibuka kembali untuk siswa pada Februari 2021, tetapi penguncian total diberlakukan lagi pada bulan Juni karena negara itu menghadapi lonjakan besar pertamanya.

Bagi banyak orang tua, pembukaan kembali sudah lama tertunda.

"Mau tidak mau, kita harus membuka sekolah. Masa depan anak-anak kita, masa depan bangsa kita, dipertaruhkan," kata Felix Okot, ayah dari seorang anak TK berusia 6 tahun seperti dikutip dari laman ChannelNewsAsia, Rabu (12/1/2022).

"Sekolah-sekolah di negara itu tidak bisa menunggu selamanya untuk akhir pandemi," jelasnya.

Dalam seminggu terakhir, otoritas kesehatan telah melaporkan tingkat positif harian lebih dari 10 persen, naik dari hampir nol pada bulan Desember. 

Presiden Uganda Yoweri Museveni telah memperingatkan kemungkinan penguncian baru jika unit perawatan intensif mencapai 50 persen hunian.

Berharap untuk kelancaran kembali ke sekolah, pihak berwenang mengesampingkan persyaratan tes Covid-19 untuk siswa. Kurikulum singkat juga telah disetujui di bawah pengaturan untuk secara otomatis mempromosikan semua siswa ke kelas berikutnya.

Uganda telah menerima dukungan terhadap pembukaan kembali sekolah.

Badan anak-anak PBB dan pemerintah Inggris dan Irlandia mengumumkan dukungan keuangan yang berfokus pada pengawasan virus dan kesehatan mental siswa dan guru di 40 ribu sekolah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…