Apa Kriteria Asuransi Mobil Terbaik?

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 08 Januari 2022 - 23:45 WIB

Apa Kriteria Asuransi Mobil Terbaik?
Apa Kriteria Asuransi Mobil Terbaik?

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Asuransi mobil adalah sebuah manfaat perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi terhadap risiko kerusakan pada kendaraan roda empat Anda, mulai dari risiko kerusakan, bencana alam, kecelakaan, hingga kerusuhan. Namun, apa kriteria asuransi mobil terbaik?

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman untuk menemukan asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan Anda.
Agar tidak kesulitan mengetahui kriteria asuransi mobil yang pas, Lifepal.co.id akan membantu Anda menemukan asuransi mobil terbaik.

Kriteria Asuransi Mobil Terbaik

Memilih asuransi mobil tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah ciri-ciri asuransi mobil terpercaya yang bisa dijadikan panduan:

Terdaftar dan Diawasi OJK

Sebelum memilih produk asuransi yang bisa melindungi kendaraan Anda, maka hal paling utama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Karena OJK merupakan lembaga keuangan yang mengawasi seluruh kegiatan keuangan dalam suatu perusahaan, maka setiap perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK tentu saja sudah terbukti aman.
Proses Klaim Mudah

Jika telah memiliki asuransi mobil, tentu saja Anda harus bisa melakukan pengajuan yang mudah dan melalui masa pencairan klaim yang cepat.

Untuk mengetahui proses klaim asuransi mobil, jangan sungkan bertanya ke staf terkait atau mencari tahu informasi terkait di website maupun akun media sosial perusahaan asuransi tersebut.
Anda juga bisa membandingkan dan langsung menilai mana asuransi mobil yang memberikan proses klaim yang cepat dan tidak ribet.

Premi dan Manfaat Proteksi Sepadan
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memastikan dan menghitung premi yang dibayarkan sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh.

Premi antara asuransi mobil all risk  dan Total Loss Only (TLO) akan berbeda jumlah yang harus dibayarkan. Pun begitu dengan cakupan perlindungannya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga harus menghitung kemampuan finansial agar mendapat harga premi sesuai manfaat perlindungan mobil yang ingin dimiliki.

Memberikan Pelayanan Maksimal

Penyedia asuransi memberikan pelayanan yang maksimal baik sebelum dan sesudah terjadinya tanda tangan kontrak.

Untuk itu, Anda sebaiknya membandingkan beberapa produk asuransi mobil. Jika salah pilih, dampak buruk yang mungkin terjadi setelah pembelian polis.

Ada beberapa kriteria yang menunjukkan layanan ini bagus atau tidak seperti:
●    Memiliki rekanan bengkel yang luas dan berkualitas
●    Proses klaim yang mudah dan cepat
●    Memiliki customer service yang tanggap dalam mengatasi masalah
●    Transparan dalam pertanggungan asuransi.  

Terkenal dan Memiliki Reputasi Baik

Kriteria asuransi yang terpercaya adalah nama baik perusahaan asuransi tersebut.
Anda cek reputasinya dengan mencari berita terbaru tentang perusahaan tersebut. Tak hanya itu, pelajari juga sejarah dan pencapaian perusahaan dalam memberikan pelayanan asuransi.

Testimoni atau ulasan juga membantu untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi dan pelayanan yang terbaik. Anda bisa mulai bertanya dengan teman kantor, tetangga, keluarga bahkan netizen.
Jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan Total Loss Only (TLO) dengan manfaat perlindungan yang berbeda.
Asuransi Mobil TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥75 persen harga kendaraan saat itu.

Bagaimana kalau kerusakan kendaraan tersebut tidak sampai 75 persen? Klaim si pengendara yang memiliki asuransi TLO akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, premi jenis asuransi ini lebih murah dibanding asuransi All Risk.
Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau komprehensif adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi pemilik kendaraan penggantian biaya maupun menjamin semua jenis risiko, ringan maupun berat, hingga risiko kehilangan kendaraan.

Premi asuransi All Risk termasuk mahal karena jaminan yang menyeluruh dari asuransi mobil tersebut. Asuransi All Risk lebih mahal ketimbang asuransi TLO.
Produk Asuransi Mobil Terbaik

Ada beberapa produk asuransi mobil terbaik yang bisa menjadi pilihan. Berikut ini adalah rangkumannya:
1. Asuransi Mobil ACA
Asuransi mobil ACA hadir dengan pilihan polis All Risk yang menanggung segala jenis kerugian baik baret, penyok, dan kerusakan besar, hingga Total Loss Only (TLO) yang memberikan ganti rugi atas kerusakan total saja, seperti pencurian atau terperosok.

Asuransi Mobil ACA memberikan fasilitas mobil pengganti selama perbaikan di bengkel.

Ada tiga jenis asuransi mobil terbaik ACA, yaitu Otomate Smart, Otomate dan Otomate Solitaire.
Ketiganya memiliki harga asuransi yang berbeda dan manfaat asuransi yang disesuaikan dengan harga dan jenis asuransi mobil yang dipilih.
2. Asuransi Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas menawarkan produk asuransi mobil diantaranya Asuransi Mobil Gabungan Sinarmas (All Risk)  dan Asuransi Mobil TLO Sinarmas.

Pemegang polis akan mendapatkan manfaat polis seperti call center 24 jam, menanggung kerusakan total dan kehilangan hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga.
3. Asuransi Allianz

Asuransi mobil Allianz menyediakan produk asuransi yang bernama Allianz MobilKu. Allianz MobilKu ini memiliki tiga paket asuransi yaitu Allianz MobilKu ECO dengan harga yang terjangkau, Allianz MobilKu Suka-suka yang manfaatnya bisa disesuaikan dengan keinginan nasabah, dan Allianz MobilKu Grand yang memberikan paket lengkap perlindungan mobil Anda.

Semua asuransi mobil terbaik Allianz memiliki manfaat asuransi mobil all risk dan TLO berupa ganti rugi kerusakan hingga santuan meninggal dunia.
4. Asuransi AXA Mandiri
AXA Mandiri hadir dengan dua produk asuransi mobil, yaitu Asuransi Mobil All Risk AXA Mandiri dan Asuransi Mobil TLO AXA Mandiri.
Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi mobil dan beberapa asuransi mobil yang bagus untuk bisa dipilih.

Keputusan untuk menentukan produk asuransi mobil mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan ada di tangan Anda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.