Inovasi Smartec a la Hankook Tire, Atasi Keausan Ban Tidak Merata Pada Kendaraan Niaga

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:00 WIB

Hankook Tire
Hankook Tire

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengusaha maupun pengendara angkutan truk dan bus tentu ingin agar kendaraan serta komponen-komponen penunjangnya berada dalam kondisi prima saat digunakan. Seperti halnya ban, yang kerap punya masalah klasik soal keausan tidak merata. Pengendara niaga yang baik,tentu sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga keausan ban, di antaranya dengan mengecek tekanan angin dan komponen roda kendaraan secara rutin.

Namun, terkadang keausan tidak rata pada ban pun masih bisa terjadi. Oleh karena itu, langkah tersebut perlu disempurnakan dengan menggunakan sebuah teknologi yang bisa mengurangi keausan ban tidak merata.

"Keausan tidak merata disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain tekanan angin tidak sesuai, baik berlebih maupun kurang, komponen roda yang tidak sesuai, setelan roda dan lain sebagainya. Selain memastikan hal-hal tersebut sesuai, teknologi yang diaplikasikan pada ban juga dapat membantu meminimalisir risiko keausan ban tidak rata dan memperpanjang usia ban.” ungkap Ahmad Juweni, National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, kemarin.

Berangkat dari hal tersebut, Hankook menawarkan inovasi bagi kendaraan niaga dalam menghadapi keausan ban tidak merata, yaitu dengan menciptakan ban yang dilengkapi dengan teknologi Smartec.

Sebagai bagian dari portofolio ban TBR, Smartec merupakan kombinasi teknologi dari lima kinerja utama ban, yaitu: keamanan, jarak tempuh, anti-chip & cut, retreadability atau kemampuan ban untuk dilapisi dengan tapak baru, dan traksi.

Elemen-elemen tersebut umumnya jadi pertimbangan konsumen dalam memilih ban yang tepat. Hankook menerapkan Smartec pada seluruh penelitian, pengembangan, dan proses manufaktur untuk semua produk.

Selain itu, ban TBR Hankook juga memiliki keunggulan tersendiri untuk mengurangi keausan tidak rata. Seperti tipe AH31 SmartFlex yang didesain untuk perjalanan jarak jauh di jalanan halus, beraspal, on road, serta bisa digunakan untuk segala posisi roda atau all-position tire.

Ban ini memiliki tapak dan bahu yang lebar demi mencapai usia ban yang lebih panjang dan kinerja handling terbaik di jalanan. Ban tersebut juga mengaplikasikan Multi 3-Dimensional Kerf yang memberikan traksi lebih baik, serta mengendalikan keausan yang tidak merata. Terdapat fitur Tread Wear Equalised Stepper (T.W.E.S) yang memastikan keausan merata di seluruh bagian ban sehingga menghasilkan umur pakai ban yang lebih panjang.

Di samping itu, hadir seri AM09 SmartWork yang didesain untuk digunakan di segala posisi serta kondisi jalan mixed on & off road. Ban ini memiliki pola directional dengan alur traksi zig-zag, sehingga menopang kinerja yang baik dalam kondisi jalanan basah dan kering, baik di aspal maupun tanah.

Ban AM09 SmartWork mampu memiliki umur tapak yang panjang berkat material senyawa kompon High Structure Carbon Black yang bermanfaat memperlambat tingkat keausan, serta desain simetris yang membantu meningkatkan pembagian tekanan pada ban di area tapak.

Sehingga ketika kendaraan melakukan akselerasi, menikung, dan mengerem, tekanan terhadap ban bisa tersebar merata dan menghindari keausan tidak merata pada permukaan ban.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…