Maya Bay, Pantai Ikonik di Thailand Akhirnya dibuka Kembali untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 07 Januari 2022 - 13:30 WIB

Maya Bay, Thailand (Foto: activityfan.com)
Maya Bay, Thailand (Foto: activityfan.com)

INDUSTRY.co.id - Maya Bay yang paling ikonik di Thailand akhirnya dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan. 

Teluk di Thailand yang terkenal karena film 'The Beach' yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio terletak di Taman Nasional Hat Noppharat Thara-Mu, Ko Phi Phi, Thailand. Maya Bay adalah bagian dari Phi Phi Leh, salah satu dari dua pulau utama Phi Phi di Provinsi Krabi.

Dilansir dari laman Lonely Planet, Jumat (7/1/2022), May Bay terpaksa ditutup pada 2018 karena mengalami kerusakan yang cukup parah. Wisatawan meninggalkan sampah, tanaman dan pasir yang rusak dan hewan yang ketakutan, serta jangkar perahu diperkirakan telah menghancurkan sebanyak 50 persen terumbu karang di Maya Bay. 

Sebelumnya di tahun yang sama, diperkirakan pantai tersebut dikunjungi 6 ribu wisatawan setiap harinya. Sehingga, pemerintah memutuskan untuk menutup lokasi tersebut dan memperbaikinya.

Awalnya, penutupan itu dimaksudkan untuk berlangsung empat bulan. Tetapi menyadari bahwa akan memakan waktu lebih lama, akhirnya para pejabat secara bertahap memperpanjang perbaikan menjadi empat tahun. Akhirnya membukanya kembali pada 1 Januari 2022.

"Maya Bay terus menerima minat dari wisatawan di seluruh dunia. Tetapi ini juga menyebabkan (daerah alam) memburuk, terutama karang," kata Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Varawut Silpa-Archa dalam pernyataan itu. 

"Setelah menutup Maya Bay untuk menghidupkan kembali dan memulihkannya, sampai saat ini, itu telah kembali ke kondisi yang baik," jelasnya.

Kini, pemerintah pun memutuskan untuk membatasi jumlah wisatawan ke Maya Bay. Vorapot Lomlim, kepala Hat Noppharat Tara Taman Nasional Mu Ko Phi Phi, mengatakan kepada Lonely Planet bahwa pengunjung akan dibatasi hingga 300 orang dalam satu dari tujuh atau delapan shift per hari antara pukul 10 pagi dan 4 sore yang berlaku membatasi total pengunjung harian menjadi 3000 orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.