Semakin Dekat Dengan Dua Bersaudara Prodi Administrasi: Perkantoran & Bisnis

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 Januari 2022 - 11:32 WIB

Mahasiswi Universitas BSI
Mahasiswi Universitas BSI

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Jika Anda acap ‘mengatur’ serta mengerjakan hal-hal yang bersifat administrasi, maka perlu tahu tentang dua jenis program studi yang bisa jadi pilihan ketika memilih untuk berkuliah di bidang administratif.

‘Dua Bersaudara’ administrasi, yakni Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis. Walaupun sama-sama menyandang nama administrasi di kata awalnya, tapi kedua bidang ini mempelajari hal yang berbeda lho.

Bagi yang tertarik untuk berkuliah di bidang administrasi nanti, mari simak bersama dulu ulasan lengkap ‘Dua Bersaudara’ administrasi ini.

1. Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan salah satu jurusan kuliah yang banyak disukai versi Youthmanual dari kelompok soshum (sosial humaniora). Jurusan ini banyak disukai, sebab banyak dilihat dan dicari sepanjang tahun.

Prodi ini berfokus pada perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendataan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Pada jurusan ini pula akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan,serta membantu dan menangani pekerjaan dari pimpinan.

Pada bidang ini, setiap profesi administrasi perkantoran, ditagih agar mampu menguasai segala bagian yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Dimulai dari mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, penguasaan komputer/ internet, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, manajemen perkantoran, pandai berbahasa asing dan lain sebagainya.

Selain itu, lulusan administrasi perkantoran juga diminta untuk melaksanakan perencanaan, surat-menyurat perkantoran, pendataan, pendistribusian informasi dan mampu menyediakan peralatan perkantoran, juga sebagai bagian dari pekerjaannya.

Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai industri. Mulai dari menjadi staf administrasi, personalia, asisten sekretaris, resepsionis di berbagai organisasi pemerintah atau swasta.

Jurusan ini akan menelurkan lulusan-lulusan yang profesional dan bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan serta sebagai perantara antara atasan dengan pihak lainnya. Hal tersebutlah yang membuat profesi ini tak dapat dianggap remeh.

2. Administrasi Bisnis

Dalam berbisnis, tak hanya didesak agar memiliki ide, serta inovasi untuk produk. Namun pula, perlu mahir dalam mengelola segala urusan mengenai usaha yang dibangun.

Di momen inilah, keilmuan administrasi bisnis akan dipakai. Prodi Administrasi Bisnis akan membawamu mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan, diantaranya pemasaran, pengelolaan personalia, keuangan, hingga produksi.

Ilmu Administrasi Bisnis akan membawamu untuk memahami bagaimana menjalankan bisnis, bagaimana mengurus berbagai macam dokumen kebisnisannya, hingga mengembangkan bisnisnya itu sendiri.

Beban yang didapat oleh mahasiswa Administrasi Bisnis, biasanya yakni membuat makalah dengan berbagai tema yang relevan, presentasi, laporan keuangan, sampai merancang sebuah model bisnis.

Administrasi juga banyak menjadi sasaran calon mahasiswa baru, sebab peluang karier yang cukup mempuni. Banyak industri, khususnya industri keuangan dan perbankan membutuhkan tenaga lulusan Administrasi Bisnis.

Keilmuan yang beragam bisnis dipelajari ini memungkinkan lulusan administrasi bisnis untuk join di berbagai perusahaan atau organisasi milik swasta dan pemerintah. Lulusannya dapat berkarier di bidang pemasaran, pengembangan bisnis, serta wirausaha.

Salah satu kampus yang menyediakan program studi ‘Dua Bersaudara’ administrasi ini yakni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKB) ini memiliki biaya kuliah yang terjangkau.

Universitas BSI sekarang telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan yang mulai bulan September. PMB gelombang 1 akan berakhir pada 2 Februari 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftarannya, dapat mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Disamping itu, Universitas BSI memberikan kemudahan dalam pembayaran kuliah melalui Danacita dengan sistem cicilan sebesar Rp 600 ribuan perbulannya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…