Pantai di Spanyol Berlakukan Larangan Merokok untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Januari 2022 - 10:50 WIB

Pantai Sardinia, Italia (Ist)
Pantai Sardinia, Italia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Spanyol adalah negara pertama di Eropa yang melarang merokok di semua pantainya setelah pemerintah mengeluarkan undang-undang baru.

Mulai sekarang, siapa pun yang tertangkap merokok di pantai dapat dikenakan denda 2.000 euro atau setara Rp32,3 juta. Larangan sudah diberlakukan di Barcelona dan Kepulauan Canary, di mana di pantai wisata yang populer tersebut dilarang merokok.

Langkah ini dilakukan dalam upaya untuk membersihkan polusi di garis pantai 3000 mil di negara itu. Undang-undang baru yang disahkan pada 23 Desember mengikuti petisi 283 ribu nama yang menuntut tindakan atas polusi pantai diserahkan kepada pemerintah Spanyol. 

Puntung rokok sangat berbahaya, karena mengandung polimer plastik non-biodegradable. Badan Lingkungan Eropa menemukan puntung rokok yang mengotori pantai Eropa. Selain mencemari tanah, mereka juga sangat berbahaya jika ditelan oleh makhluk hidup di laut. 

Salah satu pantai di Italia, Sardinia dan beberapa daerah di Perancis selatan telah melarang merokok di pantai mereka. Pada 2020 dalam upaya untuk mengekang penyebaran Covid-19, Spanyol melarang merokok di ruang publik luar ruangan di mana orang tidak dapat menjaga jarak sosial setidaknya enam kaki. 

Galicia, di barat laut Spanyol, pertama kali memperkenalkan larangan merokok di jalan-jalan, bar dan restoran. Ke depannya, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez telah menetapkan target agar Spanyol netral karbon pada 2050.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…