CDC: Perjalanan dengan Kapal Pesiar Berisiko Tinggi Penyebaran Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 01 Januari 2022 - 12:15 WIB

Ilustrasi Kapal Pesiar (Ist)
Ilustrasi Kapal Pesiar (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menyarankan agar perjalanan kapal pesiar dihindari oleh semua wistawan bagi yang belum dikvaksinasi Covid-19.

Dilansir dari laman LonelyPlanet, Sabtu (1/1/2022), saran CDC tersebut dikarenakan kasus peningkatan Covid-19 dikarenakan perjalanan kapal pesiar dalam beberapa pekan terakhir. Kapal pesiar yang beroperasi di perairan Amerika Serikat mencatat 5.000 kasus Covid-19 antara 15 Desember dan 29 Desember 2021. Peningkatan mengejutkan dari dua minggu sebelumnya di mana 162 kasus dilaporkan.

"Sangat penting bahwa wisatawan yang memiliki risiko penyakit parah harus menghindari perjalanan dengan kapal pesiar, termasuk kapal pesiar sungai, di seluruh dunia. Anjuran ini pun juga berlaku pada mereka yang belum divaksinasi Covid-19," jelas pernyataan CDC di situs webnya.

"Bahkan wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi mungkin berisiko untuk mendapatkan dan menyebarkan varian Covid-19," lanjutnya. 

Pernyataan CDC disebutkan ketika varian Omicron menunjukkan lebih mudah menyebar dan kemungkinan penularan virus di kapal antara orang-orang dari lokasi yang berbeda. Bahkan bagi mereka yang sepenuhnya divaksinasi pun juga dapat terlurar.

Saat ini, CDC menyarankan siapa saja yang melakukan perjalanan dengan kapal pesiar harus menerima dosis booster sebelum mereka bepergian dan mengenakan masker. Mereka juga merekomendasikan bahwa siapa pun yang pergi berlayar harus melakukan tes antigen satu sampai tiga hari sebelum keberangkatan dan tiga sampai lima hari setelah perjalanan mereka, terlepas dari status vaksinasi atau gejala mereka.

CDC juga menaikkan tingkat risiko perjalanan untuk perjalanan pesiar dari Level tiga ke Level empat, hal tersebut menunjukkan risiko Covid-19 saat ini "sangat tinggi."

CDC telah klasifikasi status warna untuk kapal pesiar. Kapal dibagi menjadi lima klasifikasi kode warna. Saat ini lebih dari 90 kapal pesiar di laut telah mencapai "level kuning" yaitu tingkat di mana wabah di kapal diselidiki oleh CDC.

Dalam seminggu terakhir, beberapa kapal pesiar ditolak masuk ke pelabuhan karena jumlah penumpang di dalamnya dinyatakan positif Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.