Berdikari Dukung Operasi Pasar Pemerintah dalam Upaya Stabilisasi Harga Pangan di Akhir Tahun

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 30 Desember 2021 - 16:04 WIB

Berdikari Dukung Operasi Pasar Pemerintah Dalam Upaya Stabilisasi Harga Pangan Di Akhir Tahun
Berdikari Dukung Operasi Pasar Pemerintah Dalam Upaya Stabilisasi Harga Pangan Di Akhir Tahun

INDUSTRY.co.id, Jakarta–  PT Berdikari (Persero) hadir bagi masyarakat dan berkontribusi bagi negara dalam mewujudkan #IndonesiaBergizi. Hal tersebut kembali tercermin dari upaya BUMN Peternakan tersebut dalam menyediakan telur ayam dengan harga terjangkau ditengah kenaikan dari harga telur di pasar saat ini yang pada tanggal 28 Desember 2021, secara nasional harga bahan pangan tercatat mencapai Rp29.500,- per kg.

Kali ini Berdikari mendukung inisiatif Operasi Pasar oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Dalam kegiatan yang merupakan langkah nyata pemerintah dalam meringankan beban masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan sembako, Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara turut mendampingi peninjauan operasi pasar yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Deputi II Bidang Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian RI Musdhalifah Machmud, dan Deputi IV Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian RI Mohammad Rudy Salahuddin. Operasi pasar dilaksanakan di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Rabu kemarin (29/12/2021).

“Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar terutama menjelang Tahun Baru 2022. Harapan kami, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau secara langsung operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (29/12).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah melakukan beberapa langkah yang komprehensif dan holistik guna mengurai dan menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, baik melalui kebijakan maupun langkah taktis di lapangan dalam bentuk operasi pasar. Adapun Berdikari sebagai anggota klaster pangan BUMN terus mendukung upaya pemerintah, terutama di bidang ketahanan pangan nasional dan transformasi ekosistem pangan.

"Kami bersinergi dan langkah strategis pemerintah dalam kapabilitas kami sebagai BUMN Peternakan," Ungkap Dirut Berdikari Harry Warganegara disela kegiatan operasi pasar.

Harry melanjutkan, harga telur yang meningkat akhir-akhir ini sejatinya adalah kulminasi dari beberapa isu. Mulai dari anjloknya harga telur beberapa waktu lalu yang menyebabkan peternak telur rakyat membatasi jumlah ayam layer produktif, hingga peningkatan kebutuhan telur jelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, beliau turut mendukung inisiatif pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui transformasi ekosistem pangan yang menjadi salah satu tujuan pembentukan holding pangan BUMN dengan PT RNI (Persero) sebagai holdingnya. 

Kedepannya, Harry menjelaskan bahwa Berdikari tidak hanya terus mendukung berbagai inisiatif pemerintah untuk mewujudkan #IndonesiaBergizi, tetapi juga memperluas kemitraan dengan peternak rakyat yang informasinya dapat diakses pada berdikari-persero.co.id. Selain itu, Berdikari yang telah meluncurkan produk olahan dengan merek BeBest, akan memperkenalkan inovasi produk baru dengan kualitas prima dan terjangkau bagi masyarakat melalui jaringan distribusi Gerai Daging Berdikari di lokasi fisik maupun di e-commerce.

“Kami akan memperkenalkan produk Ready To Eat mulai dari kemasan foilpack hingga yang dapat dipanaskan tanpa api. Selain itu juga telur dalam bentuk tepung sehingga dapat disimpan dalam waktu lama yang diharapkan dapat berkontribusi pada kestabilan harga pangan,” pungkas beliau.

Pada acara operasi pasar yang disambut baik oleh masyarakat tersebut, Menko Airlangga berkesempatan untuk melakukan dialog dengan para UKM baik binaan Sampoerna Retail Community (SRC), UKM Pemda Kabupaten Bogor, maupun beberapa pelaku pedagang pasar setempat. Selain Berdikari, Operasi pasar juga turut didukung oleh Toko Tani Indonesia Kementerian Pertanian, Perum BULOG, PT Berdikari (Persero), dan Sinar Mas Group sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…