KASIH: Norma Paling Utama Adalah Sifat Empati dan Suka Menolong

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Desember 2021 - 17:49 WIB

Norma Paling Utama Adalah Sifat Empati dan Suka Menolong
Norma Paling Utama Adalah Sifat Empati dan Suka Menolong

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Di penghujung tahun 2021, Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan dan Komunitas Amal Sedekah Ikhlas Hati (KASIH), menyerahkan bantuan berupa beras dan uang tunai kepada para pekerja seni, janda lanjut usia, pemulung, dan warga kurang mampu.

Bantuan tersebut merupakan sumbangan dari sahabat peduli yang terkumpul melalui acara “Konser Amal Malam Kasih Untukmu, Pray for Pekerja Seni,” yang diselenggarakan lembaga nirlaba ini beberapa waktu lalu.

“Tolong menolong bisa menjadi perenungan untuk membantu sesama. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak hidup sendiri,” ujar inisiator konser amal,Ageng Kiwi, di lokasi acara santunan di sekretariat Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Kranggan Permai, Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (28/12/2021).

Seiring dengan semakin membaiknya situasi dan kondisi selama pandemic covid-19, kata Ageng, kita tetap meningkatkan upaya menjaga kesehatan masyarakat.

“Diantaranya kita sama-sama tetap saling menjaga, serta mewaspadai penyebaran virus Covid-19 melalui kegiatan secara terukur. Oleh karena itu kegiatan ini kami lakukan secara terbatas,” kata Ageng.

Hadir di acara ini para seniman tari, teater, film, musik, penyanyi dan musisi, antara lain, Yati Surachman, Iwan Burnani, Irma Rachim, Madi Oetama, Sabrina Salawati Daud, Mayang, Chika, Rivaldi, dan seniman lainnya.

Hadir juga para musisi dan arranger, yang tergabung di PPHN (Pencipta Panggung Hiburan Nasional), serta Ketua Umum PPHN, Toliq Gunawan, Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, Soetrisno Buyil, serta jajaran Pengurus Harian Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan.

“Manusia tidak hidup dalam ruang hampa. Melainkan makhluk sosial. Norma paling utama adalah jiwa  empati, jiwa altruism, suka menolong, serta menyayangi sesama,” ujar Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito.

Sikap empati, altruisme dan suka menolong inilah, kata Eddie Karsito, yang terus ditularkan kepada masyarakat, khusunya para seniman yang bergabung di Sanggar Humaniora.

“Altruisme adalah salah satu sisi dari sifat manusia. Sehingga manusia rela berbuat sesuatu demi orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Jiwa ini yang kami tanamkan. Minimal pada diri saya sendiri,” ujar Eddie, yang sehari-hari hidup bersama pemulung.

Selain sanggar seni, terang Eddie Karsito, Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, juga membina ratusan pemulung, diantaranya adalah para janda lanjut usia.

Mengelola rumah singgah di Kranggan Permai, Kota Bekasi, dan di Baleendah Bandung, yang ditempati warga kurang mampu; anak yatim, anak dhua’fa, serta janda lanjut usia berprofesi sebagai pemulung, pedagang keliling, dan pembantu rumah tangga.

Kegiatan berbagi berupa beras dan uang tunai, sebelumnya juga dilaksanakan di Karawaci, Tangerang Banten, dan Kota Bekasi Timur.

Turut mendukung kegiatan amal ini antara lain, dari Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, SH., MH, membantu 1 ton beras.

Bantuan juga diterima lewat acara lukis wajah oleh seniman serba bisa Del Sarono, yang melukis wajah Wakil Ketua MPR-RI, Lestari Moerdijat, terjual Rp4 juta.

Bantuan lain dari masyarakat yang terkumpul pada saat penyelenggaraan “Konser Amal Malam Kasih Untukmu, Pray for Pekerja Seni” yang disiarkan secara live streaming

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…