Tak Mengandung Kolesterol, Ini Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 05 Oktober 2021 - 11:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Edamame dikenal sebagai kacang kedelai muda atau belum matang yang masih berada di dalam polong. Kacang ini pertama kali dibudidayakan di China pada 7 ribu tahun yang lalu. 

Kacang ini memiliki rasa yang manis dan umumnya dimasak untuk membuat sup ataupun salad. Selain itu, edamame juga sering ditemukan dalam masakan Asia Timur. Menariknya, edamame tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori. Kacang ini adalah sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini manfaat untuk kesehatan jika mengonsumsi edamame, antara lain 

Baik untuk kesehatan tulang

Sebuah studi oleh National Institute of Health and Nutrition, Jepang, mengatakan bahwa kandungan isoflavon yang ditemukan dalam edamame membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi keropos tulang.

Mengatur kadar gula darah

Edamame mengandung rendah indeks glikemik, sehingga dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Selain itu, ia juga kaya akan protein yang membantu mengatur kadar gula darah.

Sifat anti-kanker

Menurut penelitian, edamame mengurangi risiko kanker prostat dan konsumsi isoflavon secara teratur juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Membantu dalam penurunan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Sciences, kandungan protein yang ditemukan dalam kacang edamame memiliki efek membantu untuk penuruan berat badan.